15/01/2023

Jadikan yang Terdepan

AMD Luncurkan GPU Server Tercepat untuk HPC (High Performance Computing)

─ Kartu grafis AMD FireProTM S9150 sajikan kinerja double-precision floating point 2,53 TFLOPS dan double precision-per-watt 10,8 GFLOPS, hadirkan efisiensi performance/watt hingga 77% lebih baik dari para pesaingnya 1 ─

AMD FirePro S9150SUNNYVALE, Calif. – August. 6, 2014 – KabarGress.Com – AMD (NYSE: AMD) hari ini mengumumkan kartu grafis server AMD FireProTM S9150 – Graphics Processing Unit (GPU) server tercepat yang pernah dibuat untuk Performa Komputasi Kelas Atas1 pertama AMD yang dirancang secara spesifik dengan beban kerja komputasi di dalamnya, kartu grafis server AMD FirePro S9150 adalah kartu grafis server pertama yang mendukung double precision dan melampaui batasan double precision 2.0 TFLOPS1,2 dari para pesaingnya3 sajikan kemampuan supercomputer dengan performa komputasi sangat tinggi dengan memaksimalkan daya yang dimilikinya.

“Supercomputer saat ini terdiri dari gabungan GPU, CPU, dan komponen pendukung lainnya untuk mencapai kinerja tinggi, dan kebanyakan dari supercomputer tersebut diimplementasikan dengan karakteristik ramah lingkungan untuk membantu mengurangi konsumsi daya dan air,” kata David Cummings, senior director and general manager, professional graphics, AMD. “Dirancang untuk mendukung multi-GPU skala besar dengan kinerja tak tertandingi, AMD FirePro S9150 antarkan era baru. Berbasis arsitektur AMD Graphics Core Next (GCN), arsitektur. Dengan memori 16GB GDDR5 – 33 persen lebih baik  – serta konsumsi daya maksimal sebesar 235 watt, GPU server AMD FirePro S9150 supercomputing. Konfigurasi memori yang dimiliki, kemampuan komputasi dan performance per watt (kinerja berbanding kebutuhan daya) tak tertandingi di kelasnya, dan dapat membantu supercomputer mencapai kinerja dan efisiensi daya setingkat lebih baik.”

Kartu grafis server AMD FirePro S9150 didukung ekosistem software yang sangat baik, memungkinkan developer untuk memanfaatkan kemampuan komputasi yang dimilikinya dengan lebih baik. Sebagai bentuk tambahan dukungan AMD untuk OpenCLTM, termasuk dukungan OpenCLTM 2.0 yang akan diluncurkan dalam tahun ini4 guna hadirkan dukungan OpenMP 4.0 untuk AMD FirePro S9150 dan beberapa kartu grafis AMD FirePro tertentu.

“ENZO Compiler dari Pathscale dengan OpenMP 4.0 dan dukungan C, C++, dan Fortran telah digunakan oleh para pelanggan di bidan Gas dan Minyak, Ilmu Komputer, is used by customers in the Oil and Gas, Computational Science, Ilmu Teknik Berbasis Komputer, serta segmen HPC (high performace computing) lainnya,” kata Christopher Bergstrom, CTO, Pathscale. “Dukungan kami untuk AMD FirePro S9150 akan membuat pelanggan mendapatkan keuntungan dari kinerja dahsyat GPU server terbaru AMD dengan memanfaatkan investasi dalam software OpenMP yang mereka miliki saat ini.”

“Kami telah mengembangkan sebuah supercomputer yang berada di peringkat kedua dalam daftar The Green500, dibutuhkan kinerja komputasi serta efisiensi luar biasa untuk mencapai prestasi tersebut – kami tak dapat melakukannya tanpa GPU server AMD FirePro S-Series,” kata Professor Dr. Volker Lindenstruth, Frankfurt Institute for Advanced Studies, Goethe University, Frankfurt. “Kami telah menempatkan AMD FirePro S9150 dalam jalur yang tepat dan kami terpesona oleh efisiensi kinerjanya. watt kinerja-per-. Setiap superkomputer yang memanfaatkan kemampuan komputasi luar besar menggunakan AMD FirePro S9150 dan berlomba menjadi yang nomor satu dalam daftar Green500 memiliki potensi sukses yang besar.”

“Saat ini kami menguji kartu grafis server AMD FireProTM S9150 dan menyatakan bahwa kartu grafis ini adalah yang tercepat yang pernah kami uji untuk sebuah GPU HPC. Kami bahkan lebih senang lagi dengan kemungkinan untuk menggabungkan kinerja komputasinya dengan OpenCL 2.0 segera di tahun ini,” kata Simon McIntosh-Smith, head of the Microelectronics Research Group at the University of Bristol. “Penelitian kami mengambil keuntungan dari API terbuka dan bebas royalty, dan kami berkomitmen dengan OpenCLTM untuk meningkatkan kemampuan komputasi kami. Kami bangga dengan rencana AMD untuk mendukung OpenCL 2.0. Fitur-fitur baru seperti Shared Virtual Memory dan Nested Parallelism akan membantu kami dalam meningkatkan kinerja dan efisiensi yang dapat dihasilkan dari, AMD hari ini mengumumkan kerjasamanya dengan Pathscale sebuah GPU.”

”Supermicro menawarkan solusi server GPU terluas yang dioptimalkan untuk komputasi super dan HPC dalam platform SuperServer 1U, 2U, 3U, 4U dan SuperBlade 7U,” kata Don Clegg, Vice President of Marketing and Business Development at Supermicro. “Solusi Supermicro Green Computing, mengusung AMD FirePro S9150 dan AMD FirePro S9050, hadirkan komputasi ekstrem dengan dukungan hingga 6x GPU per node dalam dual node 4U, konfigurasi dual processor, memaksimalkan efisiensi kinerja (performance per watt, per dollar, per square foot).”

“ASUS senang dapat memanfaatkan AMD FirePro S9150 untuk hadirkan server workstations fungsi yang dapat diandalkan yang cocok dengan kinerja double precision floating point,” kata Tom Lin, general manager, ASUS. “Kami berdedikasi untuk menawarkan solusi menghadirkan kinerja terbaik, dan efisiensi daya dan performa dari AMD FirePro S9150 sebagai bonus tambahan yang akan diapresiasi oleh para pelanggan kami.”

“AMD FirePro S9150 hadirkan kinerja double- dan single-precision floating point yang luar biasa. Tak seperti akselerator GPU lainnya, AMD FirePro S9150 memiliki double precision yang telah ditingkatkan, memupus kebutuhan akan GPU lain yang lebih mahal untuk dapatkan kinerja yang serupa,” kata Etay Lee, general manager at GIGABYTE’s Network & Communications Division. “Bersama AMD, produk kami dapat sajikan solusi tepat ke pasaran untuk hadirkan kinerja efisien dengan hasil sekelas supercomputer.”

“GPU AMD FirePro S9150 akan menjadi tambahan luar biasa pada jajaran lini produk kami, memungkinkan kami untuk menawarkan solusi kinerja maksimal bagi pelanggan,” kata Albert Mu, vice president of MiTAC International Corp.’s TYAN Business Unit. “Selama pengujian dan evaluasi AMD dengan server TYAN, tim kami sangat terkesan dengan kemampuannya. Hal ini jauh melampaui ekspektasi kami dan pelanggan kami akan merasa khawatir untuk bias memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan beban kerja yang mereka butuhkan.”

Server GPU AMD FirePro S9150 memiliki:

• Kinerja single-precision floating point maksimal 5,07 TFLOPS – hingga 18 persen lebih baik dari para pesaing 1
• Kinerja double-precision floating point yang maksimal hasilkan kinerja komputasi peak double-precision 2,53 TFLOPS – setengah dari kinerja single precision yang bisa dihasilkannya.
• Konfigurasi memori terbaik3 bandwidth hingga 320 GB/s
• 2.816 stream processor (44 GCN compute unit)
• Dukungan Error Correcting Code Memory (external)
• Siap mendukung OpenCLTM 2.04
• Konsumsi daya maksimal 235W
• Teknologi AMD STREAM5

AMD juga memperkenalkan GPU server AMD FireProTM S9050 dengan memori 12 GB GDDR5 super cepat, dukungan ECC Memory, kinerja komputasi dan grafis canggih. GPU server baru ini mampu sajikan kinerja peak single precision 3,23 TFLOPS dan double precision floating-point 806 GFLOPS untuk menyelesaikan beban kerja komputasi yang ada saat ini.

GPU server AMD FirePro S9050 memiliki:

• Memori 12GB GDDR5, memory interface 384-bit dan memory bandwith hingga 264 GB/s
• 1,792 stream processor (28 GCN compute unit)
• Dukungan OpenCL 1.2
• Dukungan Error Correcting Code Memory (internal dan external)
• Konsumsi daya maksimal 225W

Baik AMD FirePro S9150 maupun S9050 mendukung dual slot PCIe® x16 dan solusi thermal pembuang panas pasif yang lebih cocok digunakan untuk lingkungan server. Sebagai tambahan, keduanya mendukung teknologi AMD STREAM5 server AMD FireProTM S-Series dapat digunakan untuk mengerjakan alur kerja komputasi yang intensif memanfaatkan kemampuan komputasi parallel dari GPU AMD, serta memperbaiki kinerja menjalankan beragam aplikasi yang tak hanya sekadar berhubungan dengan grafis.

“AMD kini menawarkan solusi terbaik di industri untuk kartu grafis server dan workstation,” ujar Adrian Thompson, VP of Marketing for SAPPHIRE Technology, AMD’s Exclusive Global Distribution Partner for AMD FirePro professional graphics. “Dengan jajaran produk baru ini, SAPPHIRE terus memperluas jangkauannya menuju area baru, tak hanya perangkat, melainkan juga aplikasi.”

– memori 16GB GDDR5, 512-bit memory interface dan memory  yang mampu menghidupkan ekosistem dimana GPU AMD FirePro S9150 dan S9050 dijadwalkan akan tersedia dalam Q3 2014 dari partner distribusi global AMD SAPPHIRE Technology, serta server dan motherboard untuk AMD FirePro S9150 juga tersedia dari ASUS, GIGABYTE, Supermicro dan TYAN.

Sumber pendukung :

• Learn more about AMD FireProTM S9150 server GPU
• Learn more about AMD FireProTM S9050 server GPU
• Learn more about AMD STREAM technology
• Become a fan of AMD on Facebook.
• Follow AMD professional graphics on Twitter- @AMDFirePro

1 Daya maksimal AMD FireProTM S9150 yaitu 235W dan hasilkan kinerja single precision floating point hingga 5,07 TFLOPS dan peak double hingga 2,53 TFLOPS. Kartu grafis server terbaik Nvidia yang ada di pasaran hingga Juni 2014 adalah Tesla K40, dengan daya maksimal 235W, dengan kinerja peak double hingga 1,43 TFLOPS dan peak single hingga 4,29 TFLOPS, serta K10, daya maksimal 225W, dengan kinerja peak single hingga 4,58 TFLOPS dan peak double precision 190 GFLOPS. Kunjungi http://www.nvidia.com/object/tesla-servers.html untuk melihat spesifikasi produk Nvidia. FP-97

2 AMD FireProTM S9150 sajikan kinerja peak double precision floating point hingga 2,53 TFLOPS, dan kartu grafis server terbaik Nvidia hingga Juni 2014 Tesla K40 dengan kinerja peak double precision hingga 1,43 TFLOPS. Kunjungi http://www.nvidia.com/object/tesla-servers.html untuk melihat spesifikasi produk Nvidia. FP-95

3 AMD FireProTM S9150 memiliki memori 16GB GDDR5, 512-bit memory interface dan memory bandwidth hingga 320 GB/s, dan kartu grafis server terbaik Nvidia di pasaran hingga Juni 2014 adalah Tesla K40 dengan memori 12GB GDDR5, 384-bit memory interface memory bandwidth hingga 288 GB/s. Kunjungi http://www.nvidia.com/object/tesla-servers.html untuk melihat spesifikasi produk Nvidia. FP-100

4 AMD berencana untuk merilis driver OpenCL 2.0 untuk AMD FireProTM W9100, W8100 dan S9150 dalam Q4 2014; pengujian penyesuaian direncanakan dilakukan di saat bersamaan. Produk AMD FirePro generasi sebelumnya tidak mendukung OpenCL 2.0.

5 Teknologi AMD STREAM adalah serangkaian fitur yang dibenamkan dalam kartu grafis AMD FirePro tertentu untuk meningkatkan kemampuan komputasi secara intensif. Tidak semua produk memiliki semua fitur ini dan beberapa fitur mungkin membutuhkan software yang mendukung. Cek produsen sistem yang Anda gunakan untuk mengetahui kemampuan dan dukungan teknologi yang dimiliki.