03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

UNUSDA Harus Jadi Kampus Terbaik

Wakil Gubernur Jawa Timur H. Saifullah Yusuf saat menghadiri peresmian Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, di Gedung Rohmatul Ummah Bluru Sidoarjo, Senin (4/8).
Wakil Gubernur Jawa Timur H. Saifullah Yusuf saat menghadiri peresmian Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, di Gedung Rohmatul Ummah Bluru Sidoarjo, Senin (4/8).

Sidoarjo, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jawa Timur H. Saifullah Yusuf berharap Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (UNUSDA) yang baru diresmikan oleh Sekjen PB NU, Dr Marsudi Syuhud bisa menjadi kampus yang terbaik, bergengsi dan berkualitas. “Semoga dengan diresmikannya Unusda dapat memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Jatim dan menjadi kampus terbaik yang memiliki SDM berkualitas,” ujarnya saat menghadiri peresmian Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, di Gedung Rohmatul Ummah Bluru Sidoarjo, Senin (4/8).

Ia mengatakan, untuk menjadi kampus yang berkualitas dan bisa diterima oleh masyarakat tidaklah mudah. Lembaga pendidikan yang baru ini harus memiliki ciri khas dari kampus kampus lain, agar dapat bersaing secara baik.

Menurutnya, ada tiga syarat agar Unusda bisa menjadi kampus yang besar, bergengsi dan berkualitas. Pertama, harus memiliki pemimpin yang baik dan amanah terhadap tugas serta memiliki tanggungjawab memajukan Unusda. “Intinya, pemimpin tidak boleh malas. Jika pemimpinnya malas, berdampak terhadap kinerja tenaga pengajar hingga kemahasiswanya. Jadi pemimpin harus tangguh, amanah dan memiliki etos kerja yang tinggi,” tegasnya.

Kedua, kampus harus memiliki sarana infrastruktur yang baik. Ini artinya, sarana dan prasarana kampus harus ditunjang dengan gedung dan fasilitas yang representatif, agar mahasiswa dapat belajar dan menempuh pendidikan secara maksimal.

Syarat ketiga, menurut Gus Ipul sapaan akrabnya yakni harus memiliki tenaga pengajar seperti dosen harus berkualitas. Banyak SDM dari Nahdlatul Ulama yang memiliki kompetensi dan keahlian untuk memberikan ilmunya kepada mahasiswa. “Dosennya harus lebih baik dan berkualitas, jangan memilih dosen yang malas dan tidak kredibel,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Sidoarjo Saiful Illah mengharapkan, dengan diresmikannya Unusda bisa meningkatkan pendidikan dan daya saing generasi muda untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Ke depan, masyarakat harus memiliki kepedulian untuk terus mengembangkan Unusda. “Tanpa dukungan dari seluruh elemen masyarakat, mustahil Unusda dapat berkembang lebih jauh. Semoga lulusan Unusda kelak dapat menjadi pemimpin-pemimpin daerah dan pemimpin bangsa lahir dari kampus ini,” imbuhnya.

Sementara itu, di Kampus Unusda terdapat beberapa program studi yang ditawarkan. yakni fakultas teknik, ilmu komputer, ekonomi dan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Untuk Fakultas Teknik terdapat program studi teknik industri, lingkungan dan kimia. Fakultas komputer terdapat, Sistem Informasi, desain grafis dan informatika.

Fakultas ekonomi terdapat, program studi manajemen dan akutansi. Sedangkan, fak keguruan dan pendidikan terdapat Pendidikan Bahasa Inggris dan Guru SD yang kesemuanya akan menghasilkan lulusan Sarjana (S1). (Eri)