Selama Idul Fitri 1435 H, Jaringan XL Tetap Terjaga Aman

Surabaya, KabarGress.Com – Selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1435H, jaringan XL tetap terjaga aman, lancar dan sukses dalam melayani serta mendukung kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi pelanggan/masyarakat. “Kehandalan jaringan XL dalam mendukung kelancaran berkomunikasi pelanggan tentunya tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan XL melalui transformasi jaringan, yaitu dengan penambahan kapasitas jaringan, peningkatan kualitas jaringan, dan juga pengujian kualitas jaringan secara berkala secara end to end, selain itu juga didukung pula dengan penambahan spektrum melalui integrasi XL dengan Axis, serta berbagai upaya persiapan antisipasi lebaran termasuk penyediaan fasilitas mobile BTS dan sebagainya,” demikian ungkap Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan, lewat siaran pers yang diterima redaksi KabarGress.Com, Selasa (30/7/2014).

Menurutnya, hal ini telah memberikan dampak positif bagi layanan ke pelanggan, khususnya kapasitas untuk melayani layanan 2G seperti SMS dan voice menjadi lebih baik dan peningkatan kualitas layanan Data pada jaringan 3G. “Seperti tahun lalu, pada Lebaran kali ini penggunaan layanan data tampaknya menjadi pilihan favourit pelanggan dalam berkomunikasi atau menyampaikan pesan Idul Fitri kepada saudara, handai taulan ataupun relasinya. Pilihan penggunaan layanan data ini tentunya karena didorong oleh semakin mudahnya penggunaan layanan data dengan beragam aplikasi yang tersedia seperti misalnya Facebook, Twitter, Path, Whatsapp, Line, BBM ataupun aplikasi messaging & sosial media lainnya. Faktor pendorong lainnya tentunya adalah ketersediaan beragam pilihan paket layanan data yang semakin terjangkau tarifnya dan hemat bagi pelanggan, selain juga ketersediaan perangkat smartphone/tablet ataupun device komunikasi lainnya yang sudah dilengkapi dengan kemampuan akses data,” terangnya.

Adapun untuk penggunaan layanan SMS selama perayaan Idul Fitri tahun ini, ternyata juga masih cukup digemari oleh pelanggan, yang terlihat dari adanya peningkatan traffic layanan SMS tersebut dibandingkan traffic hari biasa/normal. Sementara untuk layanan percakapan/Voice mengalami trend penurunan.

Pada hari biasa trafik percakapan: 510 juta menit/hari, SMS: 700 juta SMS/hari & Data: 325 Terabytes/hari. Kenaikan traffic tertinggi di H-1 dan H-2, terjadi pada layanan Data yakni (27,7%) dan (26,1%).

Sementara peningkatan traffic tertinggi penggunaan layanan SMS pada hari H-1 terjadi di daerah Jawa Tengah yaitu 26,9% yang meliputi area Kebumen dan Tegal, disusul daerah Jawa Timur sebesar 23,1%. (ro)

Leave a Reply


*