03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Barokah Ramadhan untuk Polytron

Barokah Ramadhan untuk PolytronJakarta, KabarGress.Com – Permintaan terhadap barang elektronik, khususnya mesin cuci, AC & LEDTV meningkat tajam pada bulan Ramadhan ini, sebab, belakangan ini memang terjadi tren kenaikan permintaan peralatan elektronik rumah tangga.

Public Relations dan Marketing Event Manager Polytron, Santo Kadarusman mengatakan, bahwa biasanya permintaan saat Ramadhan dan Lebaran naik signifikan dibandingkan dengan bulan biasanya. Untuk mesin cuci misalnya kenaikannya mencapai 10-15 persen, sedangkan AC dan LEDTV bisa mencapai 5-10 persen.

“Seperti mesin cuci, momen mudik para pembantu rumah tangga mengerek permintaan mesin cuci. Sedangkan untuk AC lebih disebabkan karena faktor cuaca ditambah para keluarga baru menganggap bahwa AC merupakan kebutuhan utama, khusus nya AC berkapasitas ½ PK sampai dengan 1 PK, sementara LEDTV disebabkan karena momen bola piala dunia, khususnya 32 inchi sampai dengan 65 inchi”, kata Santo kemaren saat selesai berbuka puasa dan tarawihan.

Meski meningkat, penjualan barang elektronik diyakini terpengaruh kenaikan tarif listrik. Santo belum bisa memprediksi seberapa besar penurunan penjualan akibat naiknya tarif listrik. “Selain tarif listrik, permintaan dipengaruhi harga BBM, dan nilai tukar rupiah,” jelasnya.

Terkait dengan pelemahan rupiah, pihaknya belum memutuskan untuk menaikan harga. Menurut Santo, pihak nya saat ini sedang wait and see dalam jangka waktu satu sampai dengan tiga bulan. “Tentu kalau dolar terus menguat, mau tidak mau harga harus naik. Saat ini kami belum bisa memastikan soal kenaikan harga. Sebab, kalau tidak naik, tidak akan dapat untung. Tapi, kalau naik, hawatir pelanggan lari ke produk pesaing. Seperti diketahui bahwa pembelian komponen, dibeli dengan mata uang dolar,” ungkapnya. (ro)