03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Horeee! Warga Desa Kesambi Sidoarjo Bisa Nikmati Aliran Listrik

Bupati Sidoarjo, Saiful Illah bersama GM PT PLN Distribusi Jatim, IBG Mardawa Padangratha saat meresmikan listrik masuk desa di Desa Kesambi, Kecamatan Porong Sidoarjo, Jumat (25/7/2014).
Bupati Sidoarjo, Saiful Illah bersama GM PT PLN Distribusi Jatim, IBG Mardawa Padangratha saat meresmikan listrik masuk desa di Desa Kesambi, Kecamatan Porong Sidoarjo, Jumat (25/7/2014).

Porong, KabarGress.Com – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jawa Timur mengoperasikan jaringan listrik baru bagi warga Desa Kesambi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Pemasangan listrik baru ini sekaligus memenuhi permintaan akan kebutuhan listrik di Sidoarjo yang cukup tinggi tahun ini.

“Terhitung per Juni 2014, pemasang jaringan listrik baru di area Sidoarjo sudah mencapai 11.776 pelanggan. Pertumbuhannya mencapai 9,01 persen. Jumlah pelanggan pemasang listrik baru itu lebih besar dibanding periode yang sama setahun lalu,” ungkap Manager Area Sidoarjo, Agung Surana, saat mendampingi General Manager (GM) PT PLN Distribusi Jatim, I.B.G. Mardawa Padangratha, di sela-sela acara peresmian pengoperasian listrik masuk desa di relokasi warga Desa Mindi, Desa Pamotan dan Desa Gedang ke lokasi pemukiman baru Desa Kesambi, Kecamatan Porong oleh Bupati Sidoarjo, Saiful Illah, Jumat (25/7/2014) siang.

Menurut Agung, kian bertambahnya pemasang listrik baru di Sidoarjo tersebut memunculkan deret panjang daftar tunggu calon pelanggan. Berdasar permohonan yang diajukan perwakilan warga kepada PLN Area Sidoarjo telah mencapai 600 pelanggan. “Enam ratus pelanggan yang disampaikan perwakilan warga ke PLN Area Sidoarjo tercatat sejak Januari 2014 lalu,” tukas Agung.

Selanjutnya, kata Agung, para pelanggan yang telah melaporkan kondisinya tersebut, pada 3 Februari lalu telah diproses registrasinya, termasuk biaya penyambungannya pada  4 Februari 2014. “PLN sebagai penyedia listrik, saat ini sedang memroses penyambungan listrik warga di Desa Kesambi, Sidoarjo,” ujarnya usai mengikuti prosesi listrik masuk desa yang diresmikan Bupati Sidoarjo, Saifil Illah. .

Diakuinya, kesan lama pemasangan sambungan listrik baru tersebut karena terhalang proses tender/lelang material dan jasa yang tetap harus dilakukan sesuai prosedur. Daftar tunggu PLN Area Sidoarjo memang banyak, namun Desa Kesambi ini akan prioritaskan agar listriknya bisa segera terpasang. “Realisasi progres fisik di Desa Kesambi mencapai 7,7 KMs untuk jaringan tegangan rumah dan 850 KMs untuk jaringan tegangan menengah,” aku Agung.

Ahmadi Jauhari, koordinator 65 RT korban lumpur Lapindo di Sidoarjo meminta, agar PLN secepatnya merealisasikan pemenuhan listrik di tiga desa. Sebab, penduduknya merupakan warga relokasi korban lumpur Lapindo. “Kami sebagai warga di sini mengucapkan terima kasih, yang akhirnya warga bisa merasakan kehidupan normal kembali. Sebelum teraliri listrik, kehidupan warga di pemukiman baru Desa Kesambi memang terhambat, utamanya di malam hari,” ujarnya.

Sri Utami, seorang warga dari Desa Mindi menyatakan, terima kasihnya kepada PLN, karerna sudah mengaliri energy listrik ke rumah barunya. Sri mengaku, untuk mendapatkan listrik, dirinya harus menggunakan genset. “Per hari beli bensine ae wes pitung ewu (bensinnya saja sudah tujuh ribu rupiah, red)., sehari bisa 4 liter. Kalau sekarang saya cukup beli pulsa listrik seratus ribu sudah bisa untuk sebulan. Terima kasih PLN,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan dibangunnya jaringan listrik ke relokasi, warga korban Lumpur Lapindo dapat meningkatkan kualitas hidupnya lebih baik. “Inilah Kado Lebaran terindah dari PLN Distribusi Jawa Timur. Selamat Idul Fitri 1435 Hijriiah, mohon maaf lahir dan batin,” katanya. (ro)