03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul Berangkatkan 50 Bus Mudik Gratis

* Disediakan PT Jasa Raharja

Gus Ipul saat memberangkatkan 50 bus mudik gratis.
Gus Ipul saat memberangkatkan 50 bus mudik gratis.

Surabaya, KabarGress.com -Wakil Gubernur Jatim H. Saifullah Yusuf, Rabu (23/7) pagi, memberangkatkan sebanyak 50 bus Mudik Gratis bersama PT Jasa Raharja dari halaman Mangga Dua Surabaya.  Mudik gratis ini diperuntukkan bagi masyarakat yang biasa menggunakan sepeda motor yang jumlahnya 2.035 pemudik dengan tujuan empat provinsi yakni Jatim, Jateng, DI Yogyakarta, dan Jabar. “Mudik gratis tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Jumlah bus yang disiapkan Jasa Raharja tahun 2013 sebanyak 35 armada bus,” katanya.

Untuk rute tujuan Jatim antara lain Ponorogo, Madiun, Pacitan, Trenggalek, Kediri, Tulungagung, Blitar, Banyuwangi, dan Jember. Jateng, Cepu, Solo, Semarang, dan Tegal. Untuk rute DI Yogyakarta yakni DI. Yogyakarta. Sedangkan rute Jabar antara lain Tasikmalaya, Bandung, dan Cirebon.

Pada kesempatan itu, Gus Ipul sapaan akrab wagub menyampaikan, tahun ada sekitar 500 kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Jatim dan pihak lain. Dari 500 mudik gratis ini mampu menampung sekitar 131 ribu pemudik dengan berbagai tujuan baik di Jatim maupun luar Jatim.

Diperkirakan, tahun ini, jumlah pemudik dari Jatim sebanyak 7,1 juta. Jumlah ini lebih meningkat dibandingkan tahun lalu hanya 6,9 juta pemudik. Dengan adanya mudik gratis diharapkan dapat mengurangi jumlah kecelakaan lalulintas, mengurangi risiko beban jalan dan kemacetan, serta lebih praktis. “Dengan adanya mudik gratis ini, beban jalan sungguh sangat terkurangi. Selain itu bisa mengurangi jumlah kecelakaan, kemacetan, dan lebih praktis,” jelasnya

Sebelum memberangkatkan, Gus Ipul menyapa pemudik yang ada di dalam bus dengan didampingi Kapolda Jatim dan Dirut PT. Jasa Raharja (Persero). Ia berpesan agar para pemudik dan pengemudi dapat menjaga keselamatan. “Mudah-mudahan lancar di jalan. Kepada para pengemudi, jaga keselamatan para penumpang. Bagi para pemudik, waktunya istirahat digunakan untuk istirahat,” tuturnya.

Senada dengan Gus Ipul, Kapolda Jatim menuturkan, selamat kepada para pemudik dan pengemudi. Jaga keselamatan selama di perjalanan bagi para pengemudi bus, ikuti rambu-rambu petunjuk jalan. “Jangan mengebut. Insyaalah sampai tujuan dengan selamat,” pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Dirut PT. Jasa Raharja (Persero) Budi Setyarso mengatakan ​ kegiatan mudik gratis ini adalah bentuk kepedulian CSR dari PT. Jasa Raharja (Persero) kepada masyarakat. Mudik ini ditujukan bagi pengendara sepeda motor yang dialihkan ke bus.

Pelaksanaan Mudik Gratis Bersama Jasa Raharja ini merupakan komitmen Jasa Raharja dalam menekan angka kecelakaan lalulintas pada arus mudik maupun arus balik lebaran. “Selain lebih aman, armada yang kita sediakan tentu lebih nyaman karena merupakan jenis pariwisata. Para pemudik juga kita pantau terus selama berada di perjalanan,” kata Budi.

Di tahun ini, kegiatan Mudik Gratis Jasa Raharja adalah yang ketujuh kalinya dengan jumlah sebanyak 27 ribu pemudik, 64 kota tujuan dan menyediakan 500 bus pariwisata.Mudik Gratis tersebut diberangkatkan dari tiga kota, yakni sebanyak 425 bus dengan 34 kota tujuan dari Parkir Timur senayan pada 22 Juli 2014, dari Surabaya 23 Juli 2014 sebanyak 50 armada dengan 17 kota tujuan dan dari Semarang pada 23 juli 2014 sebanyak 25 armada dengan 13 kota tujuan. Tahun depan jumlah bus yang disediakan untuk mudik gratis akan ditargetkan menjadi 750 bus.

Selain jumlah bus yang ditingkatkan, tahun depan, pihaknya akan bekerja sama dengan PT. KAI, PT. Pelni, dan ASDP. Sehingga jumlah pemudik bisa semakin banyak yang mengikuti kegiatan mudik gratis ini.

Dalam kegiatan itu, Budi Setyarso menyerahkan dua mobil ambulance kepada Gus Ipul, yang kemudian diserahkan kepada RS. Saiful Anwar Malang dan RS Khodijah Sidoarjo. Selanjutnya Dirut Jasa Raharja tersebut juga menyerahkan alat-alat penanggulangan kecelakaan lalu lintas kepada Kepolisian Daerah Jatim seperti pembatas jalan, tenda, barikade, rompi, jas hujan, alat tes alcohol, senter polisi, speed gun. (Eri)