03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Mahasiswa Ubaya Ciptakan Animasi Petualangan Belajar Matematika

Andre Ridwanto - UbayaSurabaya, KabarGress.Com – Belajar Matematika itu mengasyikkan. Seorang mahasiswa Program Studi Multimedia Jurusan Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya (Ubaya), Andre Ridwanto telah mencoba membuktikannya. Ia menciptakan program berbentuk film animasi petualangan belajar Matematika untuk anak kelas 2 SD. Program ini dirilis pada Selasa, 22 Juli 2014 pukul 10.00-12.00 di Seminarr Room Gedung International Village Kampus II Ubaya Tenggilis Jalan Kalirungkut Surabaya.

Jika kita membukanya, tampak judul yang tertera di halaman utama: “Petualangan Matematika Gery & Niko”. Program berbentuk film ini menceritakan sepasang sahabat bernama Gery dan Niko yang duduk di bangku kelas 2 SD. Dengan karakter tokoh yang berbeda, diceritakan Gery adalah seorang anak yang pandai dan sahabatnya, Niko, tidak begitu pandai Matematika. Dalam film animasi ini dikisahkan Gery akan membantu Niko belajar Matematika dalam sebuah petualangan di rumah seorang Profesor Matematika. Keduanya berpetualang karena tidak sengaja menemukan mesin simulasi milik Profesor untuk membantu anak-anak belajar Matematika.

Kisah berdurasi sekitar 30 menit ini sekaligus berusaha membantu penonton yang merupakan anak-anak untuk belajar Matematika, melalui tutorial ketika Gery membantu Niko belajar. Selain itu, anak-anak yang merupakan target penonton sekaligus pengguna program ini juga mendapat kesempatan mengerjakan soal-soal Matematika secara interaktif di sela-sela film petualangan itu.

Program berkapasitas 600 MB ini mengandung kurikulum Matematika yang ditujukan bagi anak kelas 2 SD yaitu operasi bilangan. Materi dan soal-soal Matematika dalam film terdiri dari 3 materi besar yang dikemas dalam bentuk cerita dan evaluasi interaktif yaitu penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian, serta operasi bilangan campuran.

Program ini disusun berdasarkan perhatian Andre terhadap pendidikan anak sekolah dasar, khususnya pelajaran Matematika. Selama kurang lebih lima bulan, pria kelahiran Kota Malang ini membuat animasi   hingga selesai. Kendala terbesar adalah saat pembuatan karakter Gery dan Niko keda lam animasi. Namun karena “Menurut saya Matematika penting sekali dipelajari sejak kecil, karena sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Namun masih banyak anak-anak yang tidak suka belajar Matematika, karena metode pembelajaran yang kurang asyik dan membosankan,” tutur Andre.

Berawal dari perhatian tersebut, ia segera berkonsultasi dengan guru kelas 2 SD kenalannya di SDK Santo Carolus Surabaya dan SDK Santo Santo Yusuf Malang. Setelah mendapat informasi tentang kurikulum dan metode yang umumnya disukai anak-anak, ia pun memutuskan untuk membuat media belajar untuk anak kelas 2 karena kurikulumnya yang sudah tidak terlalu sederhana. “Kali ini saya membuat dalam bentuk film 3D disertai dengan pembelajaran operasi bilangan. Ya biar mereka bisa menonton sekaligus belajar,” imbuhnya.

Program ini telah diuji cobakan kepada 10 siswa kelas 2 SD di berbagai sekolah dan mendapat respon yang positif. “Anak-anak suka dan beberapa ada yang meminta film saya untuk belajar sendiri di rumah,” katanya.

“Melalui film ini, Matematika yang biasanya diajarkan secara baku dapat disampaikan dengan cara yang berbeda. Anak-anak dapat belajar melalui pembelajaran tutorial operasi bilangan dengan lebih menarik, colorful, dan dapat diakses secara digital,” ujar Ongko Citrowinoto, S.Sos selaku Dosen Pembimbing. Kedepan Andre akan berencana memperbanyak program dan diberikan pada kerabat serta teman yang memiliki keluarga kelas 2 SD. (ro)