03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Panasonic Pasang Power Supply Container untuk SDN Karimunjawa 01

Siswa-siswi SDN 01 Karimunjawa berpose di depan Pansonic Power Supply Container.
Siswa-siswi SDN 01 Karimunjawa berpose di depan Pansonic Power Supply Container.

Jakarta, KabarGress.Com – Panasonic Corporation memasang ”Power Supply Container” sebagai penghasil listrik tenaga surya (photovoltaic) mandiri yang dikembangkan untuk Sekolah Dasar Negeri Karimunjawa 01 di Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Upacara serah terima dilakukan pada 17 Juli bersamaan dengan Koperasi Pundih Artah sebagai mitra program dan IBEKA, sebuah LSM Indonesia.

Secara keseluruhan, 250 orang menghadiri upacara serah terima tersebut, termasuk diantaranya adalah KH. Ahmad Marzuki, Bupati Jepara; Yoshiko Kijima, dari ; Iskandar Kuntoadji Budisaroso, Direktur Perwakilan IBEKA; Tri Mumpuni, Direktur Eksekutif IBEKA sebagai tamu kehormatan; serta para guru dan siswa.

Rachmat Gobel mengatakan ingin memanfaatkan ”Power Supply Container” untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi semua anak yang tinggal di Karimunjawa.

”Saya bangga menjadi bagian dari komitmen perusahaan untuk membangun kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat. Kami telah melakukan beberapa kegiatan CSR selama setahun terakhir, termasuk sumbangan ”Solar Lantern” ke Sumba pada tahun 2014 dengan tujuan yang sama, yakni untuk menyediakan akses listrik yang baik, membantu pendidikan dan keadaan ekonomi di daerah tersebut,” ungkapnya.

Peresmian Panasonic Power Supply Container di Karimunjawa.
Peresmian Panasonic Power Supply Container di Karimunjawa.

Ia berharap semua proyek berkelanjutan ini dapat membuat perubahan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia, serta memahami visi dan misi bisnis kami untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik, dunia yang lebih baik.

Yoshiko Kijima Kedutaan Besar Jepang di Indonesia menyampaikan rasa bahagianya atas kontribusi mereka terhadap daerah ini melalui dukungan yang dilakukan oleh perusahaan Jepang yang telah memberikan bantuan guna menghasilkan sesuatu yang bermanfaat baik bagi masyarakat Indonesia dan untuk selanjutnya dapat membantu pembangunan ekonomi di daerah.

Karimunjawa merupakan salah satu daerah di mana listrik hanya tersedia di malam hari berkat generator diesel, namun di siang hari daerah tersebut tidak ada listrik karena generator dimatikan. Ketiadaan listrik pada siang hari ini berdampak terhadap keberlangsungan kegiatan administrasi dan niaga; serta perbaikan lingkungan pendidikan yang menjadi prioritas utama. Untuk mengatasi masalah sosial ini, Koperasi Pundih Artah, yang menerima Bantuan Hibah untuk Keamanan Masyarakat Setempat (Grant Assistance for Grassroots Human Security), IBEKA, dan Panasonic telah meluncurkan sebuah proyek untuk memperbaiki lingkungan pendidikan, dengan memanfaatkan ”Power Supply Container”, semua ini tentunya di bawah kerjasama dengan Kabupaten Jepara dan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Selama jam sekolah, ”Power Supply Container” akan menunjang peningkatan kualitas pendidikan; Anak-anak dapat menggunakan peralatan penerangan, kipas angin dan materi pendidikan audiovisual yang menggunakan komputer dan televisi.

Saat tidak ada kegiatan ngajar-mengajar, listrik didistribusikan ke daerah-daerah di dekatnya melalui asosiasi manajemen dalam produk ”Power Supply Container”, guna memberikan kontribusi maksimal terhadap aktivitas-aktivitas masyarakat serta memperbaiki infrastruktur listrik daerah tersebut. (ro)