Pasangan Jokowi – Jusuf Kalla Menang Telak dari Pasangan Prabowo – Hatta

Surabaya, KabarGress.Com – Pasangan Capres dan Cawapres, Joko Widodo dan Muhammad Jusuf Kalla menang telak di Kota Surabaya atas pasangan Prabowo Subiyanto dan Hatta Rajasa. Hal ini diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kota Surabaya melakukan perhitungan di kantor KPUD Surabaya yang terletak di Jl. Mayjend Sukono.

Dari 31 Kecamatan di Kota Surabaya, pasangan nomor urut dua menang di 30 kecamatan, sedangkanĀ  pasangan nomor urut satu hanya mampu unggul di 1 Kecamatan yakni di Kecamatan Semampir saja. Perhitungan yang dimulai sejak pagi itu, dihadiri oleh tim sukses dari masing-masing capres.

Komisioner KPU Kota Surabaya, Nurul Amalia mengatakan, dari total pemilih yang memberikan suara mencapai 1.390.909. Dimana pasangan nomor urut dua total mendapatkan suara mencapai 892.154 suara atau sebesar 64,14 persen. Serta, pasangan nomor urut satu mendapatkan 498.755 suara atau sebesar 35,54 persen.

“Ini hasil final rekapitulasi suara Pilpres di Kota Surabaya, dan kita sudah melakukan perhitungan rekapitulasi ini dengan cara transparan, dan tidak ada yang ditutupi,” kata Nurul Amalia dalam rapat pleno terbuka KPU Surabaya, Kamis (17/7/2014).

Mengenai keberatan dari hasil rekapitulasi suara Pilpres Kota Surabaya, menurut Nurul, bisa disampaikan melalui formulir keberatan. Dengan demikian hasil rekapitulasi bisa dilanjutkan.

Memang, diakui Nurul, proses rekapitulasi di KPU Surabaya memakan waktu cukup panjang. Hal itu dikarenakan dalam perjalanan rekapitulasi banyak pertanyaan dalam proses rekapitulasi yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Namun itu tidak apa-apa, kita junjung tinggi demokrasi dalam Pilpres, walaupun hal ini memakan waktu yang cukup panjang,” tutur Nurul. (tur)

Leave a Reply


*