03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Persemaian Permanen BPDAS Brantas Produksi Satu Juta Bibit

Manager Persemaian Permanen, Pranoto.
Manager Persemaian Permanen, Pranoto.

Surabaya, KabarGress.com – Dalam kerangka menyukseskan penanaman satu miliar pohon untuk perbaikan lingkungan di Jatim, Persemaian Permanen BPDAS Brantas di Kemlagi Mojokerto memproduksi bibit 1 juta batang. “Tahun ini kita di Persemaian Permanen produksi bibit 1 juta batang, terdiri 23 jenis, berupa kayu-kayuan dan MPTS,” Kata Kepala BPDAS Brantas, Ir. Sasmitohadi MSi, didampingi Manajer Persemaian Permanen, Pranoto, Selasa (15/7/2014).

Jenis bibit yang diproduksi: 1. Bibit Jati sebanyak 50 ribu batang, 2. Sengon 475 ribu batang, 3. Mahoni 50 ribu batang, 4. Jabon 50 ribu batang, 5. Beringin 5 ribu batang, 6. Gempol 5 batang, 7. Tanjung 10 ribu batang, 8. Glodokan 10 ribu batang, 9. Trembesi 25 ribu batang, 10. Pule 5 ribu batang, 11. Bambu 5 ribu batang, 12. Sirsat 100 ribu batang, 13. Alpukat 30 ribu batang, 14. Durian 20 ribu batang, 15. Kelengkeng 10 ribu batang, 16. Matoa 5 ribu batang, 17. Kawis 5 ribu batang, 18. Jambu merah 40 ribu batang, 19. Nangka 50 ribu batang, 20. Sukun 17 ribu batang, 21. Sawo kecik 25 ribu batang, 22. Kenari 5 ribu batang dan 23. Kluwek sebanyak 3 ribu batang bibit.

Menurut Pranoto pihaknya masih terus bekerja dan sampai pertengahan Juli ini bibit yang berhasil di Produksi Persemaian Permanen sudah mencapai 30 persen. Jenis bibit yang sudah Produksi berupa MPTS. “Untuk bibit buah-buahan sudah selesai ,” katanya.

Kalau, diitung jumlah bibit sampai saat ini sekitar 300 ribu batang yang telah diproduksi. Sisanya sebesar 70 persen berupa kayu-kayuan Agustus depan sudah selesai dilakukan penyapihan.

Proses selanjutnya proses perawatan yang meliputi, penyiangan rumput, penggeseran hama dan penyakit, pemotongan akar, selanjutnya proses open area (dikeluarkan ke area terbuka) serta penyulaman. “Jadi secara teknis sudah sangat siap. Proses pembuatan bibit berjalan sesuai rencana, tidak ada perubahan,” kata Pranoto.

Persemaian Permanen didukung puluhan pegawai harian, dengan SDM yang baik secara teknis sudah sangat siap bekerja untuk memproduksi bibit secara tepat waktu.

Karena kinerjanya yang telah teruji dan cukup baik itu, Persemaian Permanen BPDAS Brantas di Kemlagi Mojokerto, diapresiasi Kementerian Kehutanan. Bahkan beberapa waktu karena kinerjanya itu Persemaian Permanen dapat dikunjungi Komisi IV DPR-RI. Rombongan Komisi IV yang dipimpin Ibnu Multajam (PKB) Ir. Marsanto (PDIP) didampingi Dirjen BPDASPS, Dr. Hilman Nugroho, memberikan apresiasi atas kinerja Persemaian Permanen dalam memproduksi bibit untuk penghijauan lingkungan dan kegiatan penghutanan lahan yang masih miskin tanaman. (Eri)