03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pakde Karwo Resmikan ATM SAMSAT Jatim

Gubernur Jatim Pakde Karwo saat meresmikan ATM SAMSAT Jatim, di Grand City Surabaya, Selasa (8/7).
Gubernur Jatim Pakde Karwo saat meresmikan ATM SAMSAT Jatim, di Grand City Surabaya, Selasa (8/7).

Surabaya, KabarGress.com – Gubernur Jatim Pakde Karwo meresmikan ATM SAMSAT Jatim, di Grand City Surabaya, Selasa (8/7). ATM SAMSAT Jatim merupakan mesin pelayanan yang menggunakan media Smart Card yang digunakan wajib pajak untuk melakukan transaksi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) dan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan. Layanan ini bekerja sama dengan perbankan secara online dan terintegrasi.

Layanan ini dapat  lebih dikembangkan dengan bekerja sama dengan perbankan lainnya sehingga dapat menjangkau berbagai model jenis pembayaran di perbankan. Layanan ATM SAMSAT yang pertama kali di indonesia yang berpola self service ini mempunya beberapa kelebihan, antara lain, tidak bertatap muka atau berinteraksi langsung dengan petugas pelayanan, tidak terbatas pada waktu, jarak dan tempat, dapat menjamin akurasi database kepemilikan kendaraan bermotor.

Di samping itu layanan ATM Samsat iniseperti ATM perbankan, sangat fleksibel untuk ditempatkan ditempat tempat strategis bahkan ditempatkan diluar Provinsi Jatim, sehingga kendaraan bermotor dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK setiap tahun tanpa harus kembali ke Jatim.

Dalam kesempatan itu Gubernur Jatim Pakde Karwo mengatakan, “Inovasi ATM Samsat Jatim tidak saja ide dan kreatifitasnya, namun penggunaan alat atm ini merupakan tonggak sejarah baru bagi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor secara elektronik. selain itu, juga merupakan pioner dalam melakukan identifikasi serta registrasi kendaraan bermotor secara elektronik. Saya memandang bahwa model layanan ini akan merupakan model layanan di masa mendatang yaitu model layanan yang mengkedepankan teknologi informasi, yang pasti syarat ATM harus mudah, murah dan puas,”.

Inovasi pelayanan ATM Samsat Jatim ini juga diapresiasi oleh Rekor MURI dengan piagam penghargaan atas rekor inovasi pelayanan Samsat  dengan ATM Samsat Jatim yang pertama di Indonesia dan memberikan penghargaan kepadaGubernur Jatim dan Kapolda Jatim sebagai Inisiator ATM Samsat Jatim.

Gubernur juga menyampaikan apresiasi kepada Kakorlantas Polri, Kapolda Jatim dan jajarannya, Perbankan di Jatim, Jasa Raharja Cabang Jatim serta seluruh lapisan masyarakat yang telah memberikan dukungan sehinggapelayanan yang bersifat self service  dapat terlaksana di Jawa Timur. peresmian Kantor Bersama Samsat Sidoarjo  dan penambahan layanan Samsat Unggulan tahun 2014  sebanyak 15  layanan,

Sementara itu Ketua Tim Pembina Samsat Jatim DR. H. Achmad Sukardi, MM mengatakan, layanan yang diresmikan Gubernur tersebut adalah kantor bersama samsat sidoarjo,dan 15 Layanan Unggulan Samsat Jatim , yaitu Campur Darat (Tulungagung), Ngoro (Jombang), Samsat Lama ( Bojonegoro), Bank Jatim Pesanggaran ( Banyuwangi), Wonosari ( Bondowoso), Mojosari ( Mojokerto ), Lawang ( Malang), Sampang, Lingkar Barat (Sidoarjo), Cerme ( Gresik). Selain itu SAMSAT DRIVE TRHU Citraland (Surabaya), UPTD Jember , dan Samsat Kota (Sidoarjo).Serta SAMSAT CORNER Giant (Pepelegi) – Sidoarjo, dan Grand City – Surabaya

Dengan penambahan layanan unggulan tahun 2014 tersebut diatas, menurut Sekda, Tim Pembina Samsat Jatimtelah mengembangkan pendekatan layanan kepada masyarakat dan mempercepat pelayanan sebanyak 202 tempat layanan, yang terdiri dari 45 Samsat Induk, 68 Samsat Payment Point, 28 Samsat Drive Trhu, 10 Samsat Corner, 47 Samsat Mobil keliling, 1 Samsat Pembantu, 2 Samsat Kepulauan dan 1 Bus Keliling.

Semua unit pelayanan tersebut, melayani obyekkendaraan bemotor sebanyak 13.700.036 terdiri dari roda 2 sebanyak 12.093.135 dan roda 4 sebanyak 1.606.901 untuk pelayanan Identifikasi dan Registrasi kendaraan bermotor, pembayaran PKB dan BBNKB serta SWDKLLJ.

Hadir dalam peresmian tersebut Deputy Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi, Kepala SKPD, Kepala Dispenda prov Jatim Bobby Soemiarsono, SH, MSi, dan jajaran Polda Jatim, dan lain-lain. (Eri)