03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Kendalikan Kebakaran Hutan Dinas Kehutanan Gandeng Masyarakat

cegah kebakaranPrigen, KabarGress.com – Kebakaran hutan masih menjadi masalah klasik. Pencegahan tidak bisa dilakukan secara parsial, tetapi harus dilakukan secara konprehensif yang didalamnya melibatkan partisipasi masyarakat daerah hutan.

Erat kaitannya dengan itu Dinas Kehutanan Prov Jatim,gelar Sosialisasi Penyadartahuan Pencegahan Kebakaran Hutan kepada Masyarakat daerah hutan bertempat dikelurahan Pecalukan, Prigen, Pasuruan Senin (7/7/2014).Sosialisasi diikuti sekitar 30 petani perwakilan dari 8 desa.

Bacaan sholawat mengalun dipandu seorang Ustadz sebagai penanda acara di mulai.Sosialisasi di buka oleh Kasi SKPPKH Taman Hutan Raya R Soerjo, Malang Ir. H. Gatot Sundoro, dan Kasi Penyelamatan Hutan Ir. R. Burbandarto,kapasitasnya mewakili Kadis Kehutanan Ir. Gatot Soebektiono.

Ir. Gatot Sundoro, dihadapan peserta mengatakan berdasar prediksi BMKG saat ini telah memasuki kemarau. Itu artinya, akan terjadi kekeringan yang bisa terjadi kebakaran. Kebakaran hutan terjadi beberapa sebab, pertama ; prilaku manusia yang tidak bersahabat dengan hutan, membuang puting rokok, api unggun oleh para pendaki, pengarengan, perburuan hewan liar dengan cara membakar hutan,dan anomali iklim dan pembukaan lahan dengan cara di bakar.

Gatot, mengingatkan semua pihak agar Tidak membuang putung rokok, membuat api unggun, dan tidak Melakukan perburuan hewan liar dengan cara membakar hutan, untuk memperoleh hewan buruan. Sebab hal tersebut di atas dibiarkan diĀ  pastikan hutan Taman Hutan Raya R Soerjo, akan mengalami kerusakan lebih cepat. “Yang menerima dampaknya langsung adalah masyarakat daerah hutan,” kata Gatot.

Sosialisasi antisipasi kebakaran hutan di helat Dinas Kehutanan, diapresiasi oleh Lurah Prigen Ridwan SPd.Menurutnya,dengan cara sosialisasi dan silahturahmi akan terbangun sebuah harmoni antara masyarakat daerah hutan dengan pengelola hutan. Dampak positif lainnya, dari sosialisasi yang dilakukan dapat memberikan pemahaman tentang kawasan hutan.

“Jadi, saya menyambut baik acara sosialisasi ini. Semoga, sosialisasi ini dapat menumbuhkan kita semua untuk bersama sama saling menjaga hutan dari ulah orang – orang yang tidak baik,” ujarnya (Eri)