03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pensiun, Siapa Takut?

Surabaya, KabarGress.Com – Masa pensiun merupakan masa yang harus dihadapi oleh setiap karyawan yang telah memasuki umur 56 tahun. Masa ini memiliki sisi sensitif dari aspek psikologis, status sosial, kesehatan, dan ekonomi. Desak Nyoman Arista RD mengatakan bahwa aspek tersebut membawa banyak perubahan dalam kehidupan pensiunan.

“Banyak diantara mereka yang tidak bisa menghadapi efek psikologis terutama bagi yang pernah menjabat di suatu posisi penting sehingga mengalami post power syndrome. Dari sisi kesehatan kemudian berdampak pada fisik yang menjadi rentan terhadap berbagai penyakit. Untuk sisi finansial, penghasilan mereka akan menurun, padahal kebutuhan terus meningkat,” ujar Desak selaku Ketua Pusat Pengembangan Karir dan Alumni Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Untuk mengatasi hal tersebut, UKWMS mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi karyawan UKWMS yang akan menjalani masa pensiun. Pelatihan wirausaha ini memiliki nilai ekonomi untuk memyokong kebutuhan finansial pada masa pensiun. “Pelatihan ini diberikan sebagai bentuk tanggung jawab institusi pada karyawannya. Dan dengan pemberian pelatihan ini, nanti pada saat pensiun mereka bisa tetap produktif,” jelas Desak, dosen Fakultas Psikologi UKWMS yang juga ketua pelaksana pelatihan ini.

Bertempat di Laboratorium Teknik Pengolahan Pangan Fakultas Teknologi Pertanian, sebanyak 14 karyawan mengikuti pelatihan wirausaha dalam pembuatan bakso kotak, bakso tahu, sosis, nugget, sambal, dan susu kedelai. “Produk tersebut memiliki pamor jual yang besar di masyarakat dan pembuatannya juga tergolong mudah,” ucap Thomas Indarto, dosen FTP UKWMS yang menjadi instruktur pelatihan wirausaha. Thomas menekankan pembuatan produk pada sisi kualitas dan higienitas hasil produksi.

“Seperti pembuatan bakso, kalau daging yang dipakai benar-benar segar maka kekenyalannya akan bagus walau tanpa menggunakan borax,”ujarnya dalam pelatihan wirausaha ini. Selain pelatihan wirausaha, karyawan juga dibekali pemahaman terkait dengan tata kelola keuangan, kesiapan secara psikologis, dan tata olah fisik dalam menunjang kesehatan. (ro)