Pemkot Akan Semakin Gencar Gelar Operasi Gepeng

Tri Rismaharini

Tri Rismaharini

Surabaya, KabarGress.Com – Semakin membludaknya Gelandang dan Pengemis (Gepeng) yang berada di wilayah Surabaya, membuat Walikota Surabaya, Tri Rismaharini semakin gencar melakukan razia menjelang hari raya idul fitri. Risma sapaan akrab Tri Rismaharini mengungkapkan, rata-rata sebagian besar gepeng bukan berasal dari kota Surabaya.

“Ya pokoknya kami akan melakukan operasi kepada para pengemis. Karena, memang Pemerintah Kota (Pemkot) tidak memperkenankan siapapun ngemis di wilayah Surabaya, apalagi ini kan menjelang hari raya. Kami akan mengantisipasi maraknya pengemis yang masuk di wilayah Surabaya,” ungkapnya, Jumat (4/7/2014).

Risma mengaku, Dinas Sosial (Dinsos) selama ini sudah mempersiapkan tempat bagi para pengemis dan gelandangan untuk menampung membludaknya gepeng yang ada di Surabaya. Perempuan nomor satu di Surabaya ini juga menerangkan, para gepeng di Surabaya lebih gampang ditertibkan dari pada di daerah-daerah lain seperti Bandung dan Jakarta.

“Memang biasanya tambah banyak pengemis menjelang bulan puasa, tapi mereka (dinsos) sudah tahu dan sekarang sedang memperlebar tempat supaya dapat menampung semua pengemis yang nantinya terjaring razia. Mudah-mudahan dengan cara operasi ini, pengemis dapat terjaring semua,” terangnya.

Mantan Kepala Badan Pembangunan dan Perencanaan Kota (Bappeko) Surabaya ini mengharapkan, dengan adanya proses pembangunan yang dilakukan oleh pemkot Surabaya untuk memperlebar Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) ini, semoga dapat menampung seluruh gepeng yang nantinya terjaring razia saat menjelang hari raya idul fitri.

“Jadi kita sekarang lagi melakukan perlebaran untuk tempat liponsos agar dapat menambah daya tampung untuk para pengemis. Dulu memang lansia dan pengemis kami jadikan satu, tapi sekarang saya pisah. Dan nanti kami juga akan menambah ruangan di dalam liponsos itu,” imbuhnya. (tur)

Leave a Reply


*