03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Marugame Udon & Tempura Sapa Penggemarnya di Surabaya

Marugame Udon & Tempura Sapa Penggemarnya di SurabayaSurabaya, KabarGress.Com – Para penggemar udon maupun tempura di kota pahlawan tidak usah jauh-jauh ke Jakarta bahkan ke negeri Jepang jika ingin menikmatinya. Karena restoran Marugame Udon & Tempura di bawah naungan PT Sriboga Marugame Indonesia yang mengusung citarasa asli udon dan tempura dengan atmosfer Jepang, kini telah hadir di kota pahlawan, tepatnya di Tunjungan Plaza III lantai 5.

“Ini adalah restoran kami yang pertama di luar Jakarta. Di Jakarta sendiri sudah ada 7 outlet. Masyarakat Surabaya dan sekitarnya sudah bisa menikmati udon maupun tempura mulai 5 Juli 2014 mendatang. Kami sengaja membidik pasar Surabaya karena disini kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Selain itu, disebabkan pertumbuhan ekonomi kota ini sangat bagus,” ungkap General Manager PT Sriboga Marugame Indonesia, Hajime Kondoh, di sela-sela acara pembukaan gerai Marugame Udon dan Tempura, di Surabaya, Kamis (3/7/2014) malam.

Menurut Hajime, populasi Indonesia yang sangat besar menjadi daya tarik tersendiri bagi perseroannya untuk menanamkan modal. Secara umum, nilai investasi yang dialokasikan di dalam negeri memang besar meskipun pihaknya enggan menyebutkan nominalnya.

Marugame Udon & Tempura Sapa Penggemarnya di Surabaya 1Dalam waktu dekat pihaknya juga akan membuka sekitar lima hingga enam gerai lagi di Surabaya. Di sisi lain, besarnya nilai investasi ikut dipicu biaya pengiriman bahan-bahan yang di Indonesia tidak ada sehingga harus didatangkan langsung dari Jepang. “Kami sebisa mungkin menggunakan kandungan bahan lokal hingga 100 persen. Tapi, ada beberapa bahan yang wajib didatangkan dari Jepang untuk menjaga otentisitas rasa beragam udon yang dijual di sini,” katanya.

Untuk menambah daya tarik konsumen, “Department Head Development” PT Sriboga Marugame Indonesia, Budi Setiawan, menambahkan, sebelum membuka cabang di sejumlah titik pihaknya berupaya memenuhi syarat standarisasi halal dari MUI. Khusus gerai di Surabaya, sampai saat ini standarisasi halal itu masih dalam proses.

“Kami memang sudah mengurusnya sekitar enam bulan lalu dan semoga pada Pebruari 2015 sudah selesai prosesnya. Meski begitu, konsumen di Surabaya tidak perlu khawatir karena semua bahan makanannya bebas kandungan daging babi,” katanya.

Marugame Udon & Tempura Sapa Penggemarnya di Surabaya 2Perlu diketahui, udon adalah salah satu jenis mie yang sudah terkenal di Jepang. Di negeri asalnya, udon menjadi makanan pengganti nasi. Keistimewaan resto Jepang ini adalah penyajian menu udon dan tempura dengan proses penyajiannya yang fresh dan konsep open kitchen yang langsung bisa dilihat pengunjung.

Berbeda dengan resto Jepang lainnya, cara memesan menu udon di resto ini pun ada urutannya. Pesan udon sesuai pilihan, pilih tempura dan minuman, pesan di kasir, tambahkan saus dan bumbu pelengkap yang diinginkan. Nikmati menu makanan di meja dan letakkan mangkuk di tempat yang tersedia.

Diantara menunya, Niku Udon, yaitu udon dengan lembaran daging sukiyaki dan kake dashi soup. Kenyal dan lembutnya udon dan empuknya daging sukiyaki melebur menjadi satu dengan kuah kake dashi soup yang gurih. Menu udon lainnya ada On Tama Udon, Mentai Kamatama Udon, dan Beef Curry Udon. Ada juga nih menu udon tradisional dari Jepang yang bisa kita coba, yaitu Kamaage Udon (disajikan hangat) dan Zaru Udon (disajikan dingin) yang menurut cerita, menu ini dibuat di saat musim dingin dan musim panas.

Di restoran ini juga ada menu rice, salah satunya Tendon Seafood Rice yaitu nasi Jepang dengan topping tempura udang, tempura sayur, ikan kisu dan ebi. Nasinya yang hangat ditambah dengan menu pelengkap yang garing dan renyah. Agar terasa makin gurih bisa menambahkan saus tempura.

Menu pelengkapnya terdiri dari Kakiage (tempura sayur), Egg tempura (tempura telur), Tori Tempura (tempura ayam), Chicken Chili Tempura (cabai hijau isi ayam). Untuk minumannya, ada menu Ocha dingin dan panas.

Penggemar hidangan Jepang terutama udon kini akan semakin dimanjakan dengan hadirnya outlet kedua Marugame Udon & Tempura yang terletak di Gandaria City. Setelah berhasil menarik banyak pengunjung di outlet pertamanya di Mall Taman Anggrek, kali ini Marugame Udon & Tempura yang mengusung citarasa asli udon dan tempura dengan atmosfer Jepang rupanya ingin membidik pasar Jakarta Selatan.

Konsep open kitchen, freshly made dan cooked menambah selera siapapun yang berkunjung di restoran ini. Begitu pengunjung memesan menu udon, Marugame Udon & Tempura membuat pengunjungnya dengan leluasa melihat proses memasak udon dan untuk tempura yang di-display pun tidak lebih dari 20 menit.

Apabila lebih dari 20 menit makanan akan ditarik dan diganti dengan yang baru. Restoran ini sangat mengutamakan kualitas makanan untuk konsumennya. Keunikan juga terlihat dari konsep self-service; caranya yaitu pengunjung mengantre di udon station lalu setelah pilihan udon sudah tersedia maka pengunjung menuju ke tempura station.

Disini biasanya terjadi rasa ‘excitement’ karena pengunjung akan dihadapkan dengan 10 jenis pilihan tempura yang menggoda selera. Setelah proses memilih menu makanan selesai, konsumen menuju kasir dan memesan minum. Adapun meja yang berisi berbagai condiments khusus seperti irisan cabai rawit, irisan daun bawang, wijen, jahe, dan yang paling spesial yaitu Tenkatsu atau remah-remah crumble dari tempura yang garing nan crunchy yang bisa Anda ambil sepuasnya.

Harga untuk menu udon dan nasi bisa didapat dari Rp33.000 hingga Rp50.000, dan Rp85.000 untuk Kamage Udon paket family, sedangkan untuk tempura mulai dari Rp7.000 hingga Rp14.000 per menu. (ro)