KPU Surabaya Mulai Distribusikan Surat Suara

Surabaya, KabarGress.Com – Jelang Pemilu Presiden yang tinggal seminggu lagi, logistik surat suara mulai didistribusikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya. Pagi tadi, Kamis (3/7/2014), proses pengiriman tersebut diberangkatkan dari Kantor KPU sejak pukul sembilan pagi dengan pengawalan ketat personil Kepolisian.

Sekitar 2.060.222 Surat Suara ini diberangkatkan secara dua tahap, sampai besok. Jumlah tersebut sudah termasuk dua persen surat suara cadangan yang akan diterima oleh 160 Kelurahan Se-Surabaya, dengan Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Surabaya sekitar 2.017.450 Orang. Untuk hari ini, proses pengiriman dilakukan di 19 Kecamatan, sedangkan 12 Kecamatan didistribusikan esok hari.

“Beberapa wilayah tersebut diantaranya, Kecamatan Tambaksari, Gubeng, Tegalsari, Morokrembangan, dan Mulyorejo,” kata Komisioner KPU Surabaya, Robiyan Arifin.

Diterangkan Robiyan, jumlah logistik Surat Suara untuk wilayah Surabaya sendiri masih terdapat kekurangan sekitar 24 ribu. Kekurangan tersebut disebabkan karena kondisi Surat Suara rusak, atau tidak layak.

Namun, kekurangan tersebut sudah ditanggapi oleh KPU Pusat dengan mengirimkan kembali sisa itu pada hari ini.”Mudah–mudahan cepat sampai. Kurang lebih sekitar tiga hari lamanya baru kami terima,” kata dia.

Kekurangan surat suara yang akan diterima ini, nantinya akan diproyeksikan di wilayah Kecamatan Wonokromo. Sebab, selain jumlah DPT terbesar di Kecamatan Tambaksari, wilayah Wonokromo menduduki urutan terbesar kedua.

Robiyan berharap, untuk wilayah yang telah menerima distribusi kiriman untuk segera dilanjutkan dengan mengirimkan ke tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS). Sehingga nantinya akan digunakan dalam Pilpres pada Tanggal 9 Juli mendatang. (tur)

Leave a Reply


*