15/01/2023

Jadikan yang Terdepan

AirAsia Menerima Pesawat Ke-150 dari Airbus

* AirAsia mendedikasikan pesawat ini untuk memperingati almarhum James Rao, putra dari EVP Airbus, Dr. Kiran Rao  

AirAsia Menerima Pesawat Ke-150 dari AirbusSEPANG, KabarGresscom – Grup AirAsia hari ini menerima pesawat Airbus A320 ke-150. Maskapai mendedikasikan pesawat ini untuk memperingati almarhum James Rao, putra dari Executive Vice President Airbus, Dr. Kiran Rao, yang belum lama ini meninggal dunia di usia 21 tahun karena penyakit kanker.

Nama James terukir di bagian depan badan pesawat Airbus A320 ke-150, yang akan dioperasikan oleh AirAsia Malaysia dengan kode penerbangan AK. James memperoleh izin mengemudi pesawat komersil atau Commercial Pilots License di tahun 2012 dan merupakan First Officer pertama yang menerbangkan pesawat Airbus A320. James telah memberikan inspirasi kepada para pemuda karena berhasil mewujudkan mimpinya menerbangkan Airbus A320 di usia yang sangat muda. Dia juga aktif melakukan kegiatan sosial untuk anak-anak kurang mampu dan yatim piatu di Mumbai, India.

Guna melanjutkan peninggalan anaknya, Dr. Kiran Rao telah mendirikan sebuah yayasan yang diberi nama ‘James Rao, Live Your Dream’ dengan visi untuk menolong para pemuda mewujudkan mimpi dan memberikan mereka inspirasi untuk menjadi pilot.

CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes mengatakan, “Kiran adalah teman baik saya, dan saya beruntung dapat mengenal James secara pribadi. Dia seorang anak yang baik dan memiliki hati yang besar. Saya telah melihat hasil pekerjaannya dalam membantu anak-anak kurang mampu. Kami senang dapat bekerja sama dengan keluarga Kiran dan memberikan kontribusi untuk yayasan ‘James Rao, Live Your Dream’, yang akan menyediakan sebuah platform untuk membantu para pemuda yang ingin menjadi pilot.”

Airbus A320 adalah tipe pesawat satu lorong terlaris di dunia. Pesawat ini digunakan di berbagai layanan mulai dari maskapai yang melayani penerbangan jarak pendek hingga antar benua.

AirAsia berhasil mendominasi Asia dengan total jumlah pesawat satu lorong sebanyak 475 untuk tipe Airbus A320 dan tipe A320neo yang telah dipesan dengan jadwal pengiriman hingga tahun 2026.

“Pesawat Airbus A320 telah memberikan kontribusi yang sangat luar biasa untuk model bisnis dan operasional kami sebagai sebuah grup. Kami menerapkan kebijakan 100% Airbus A320 di Malaysia, Thailand, Indonesia, dan sekarang India. Kami berharap dapat terus bekerja sama dengan Airbus agar dapat mengembangkan bisnis kami di masa depan,” tambah Tony.

AirAsia juga merupakan maskapai penerbangan pertama di dunia yang menerima Airbus A320 yang dilengkapi dengan sayap Sharklet. Hal ini menjadikan AirAsia sebagai maskapai penerbangan pertama yang mengoperasikan tipe pesawat tersebut. AirAsia juga menjadi maskapai penerbangan pertama di dunia yang menerima Airbus A320 yang dirakit di pabrik Airbus yang berada di Tianjin, Cina.

Saat ini, Grup AirAsia mengoperasikan 167 Airbus A320, dimana 150 pesawat dipesan langsung dari Airbus; dan melayani jaringan rute terluas di Asia dengan total 88 destinasi. (ro)