03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

BI Jatim Siapkan Rp16 Triliun Antisipasi Kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri 1435 H

uangSurabaya, KabarGress.Com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Wilayah IV Jawa Timur (Surabaya, Malang, Kediri dan Jember) telah menyiapkan Rp16,2 triliun uang kartal yang siap diedarkan. “Ini sebagai upaya memenuhi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat Jatim selama Ramadhan dan Idul Fitri 1435 H,” tandas Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV Jawa Timur, Hamid Ponco, kepada wartawan di kantornya, Jumat (26/6/2014).

Disebutkan Hamid, jumlah dana yang disiapkan terdiri dari Rp2,08 triliun Uang Pecahan Kecil (UPK) yakni pecahan di bawah Rp20.000 dan Rp14,10 triliun Uang Pecahan Besar (UPB) yakni pecahan Rp20.000 ke atas. “Jumlah ini meningkat 18,04 persen dibandingkan jumlah uang kartal yang disiapkan pada momen Ramadhan dan Idul Fitri 1434 H/2013 lalu atau Rp13,71 triliun,” jelasnya.

Seperti tahun sebelumnya, dalam pelayanan penukaran uang pecahan kecil tersebut dilakukan melalui kerjasama dengan perbankan (Bank umum dan BPR) tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV Jawa Timur, Hamid Ponco (tengah), saat memberikan keterangn pers di kantornya, Jumat (26/6/2014).
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV Jawa Timur, Hamid Ponco (tengah), saat memberikan keterangan pers di kantornya, Jumat (26/6/2014).

“Untuk wilayah Bank Indonesia Surabaya, penyaluran dilakukan melalui kurang lebih 500 kantor cabang/cabang pembantu/kantor kas/outlet bank umum dan BPR,” tandasnya.

Optimalisasi fungsi bank umum dan BPR dalam kegiatan penukaran uang merupakan upaya aktif BI untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dengan meningkatkan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan uang pecahan kecil.

“Dengan demikian diharapkan kegiatan penukaran uang pecahan kecil dapat menjadi lebih efisien dan mudah terjangkau masyarakat di daerah. Selain itu, dengan adanya outlet penukaran resmi maka jumlah dan keaslian uang rupiah yang ditukar dapat lebih terjamin,” tandas Hamid.

Pelayanan penukaran uang pecahan kecil melalui perbankan akan dilakukan setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis pukul 09.00 – 12.00 WIB mulai 1 Juli 2014. “Biasanya ramai penukarannya pada minggu kedua dan ketiga. Kalau sudah minggu keempat menurun,” imbuhnya. (Ro)