28/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Daop 8 Sediakan 16 KA Mudik Gratis

Surabaya, KabarGress.com – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop) 8 Surabaya menyediakan angkutan kereta api (KA) gratis bagi para penumpang mudik dan arus balik pada Lebaran nanti. Hanya saja, tiket yang disediakan terbatas untuk KA gratis tersebut harus dipesan 30 hari sebelum keberangkatan perjalanan KA. “Ya. Selama kapasitas tiket tersedia. Kami sediakan 4 tiket untuk satu pemesanan,” demikian ungkap Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Sumarsono, Rabu (25/6/2014).

Menurutnya, tiket mudik gratis yang digagas bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim ini akan dimulai kegiatannya pada 24-27 Juli 2014 depan. Kerjasama ini juga menjadwal kepulangan pemudik dengan KA arus balik mulai 1-3 Agustus 2014. “Khusus untuk KA sarangan relasi Surabaya Gubeng-Madiun PP arus mudik mulai tanggal 26-27 Juli dan arus balik mulai tanggal 2-3 agustus 2014,” ujarnya.

Deret panjang jadwal keberangkatan pemudik dengan KA gratis tersebut, lanjut Sumarsono, akan di cover 16 KA. Ke 16 KA tersebut akan menyusuri rute perjalanan dengan tujuan berbagai kota di Jatim. “Jadi, nggak usah khawatir dengan mudik Lebaran nanti. Yang pasti, selalu diingat jadwal pemesanan dan ketepatan keberangkatan KA,” tukasnya.

Apa syarat pemudik ‘mengambil’ tiket gratis perjalanan KA mudik-balik Lebaran ? Sumarsono menjelaskan, tiket untuk angkutan mudik dan balik gratis bisa dipesan melalui stasiun online terdekat. Hanya, ketentuan pemesanan tiket, PT KAI tetap menggunakan persyaratan berupa lampiran identitas diri. “Sertakan fotocopy KTP atau Kartu Keluarga, atau bisa menggunakan KTM dan kartu pelajar. Yang jelas, kami tetap menggunakan kejelasan identitas pemesan (tiket, red),” tutur Sumarsono.

Ia juga mengingatkan, khusus KA Arjuno relasi Surabaya- Madiun PP, pemesanan tiket dilakukan 7 hari sebelum tanggal keberangkatan. Penumpang juga disarankan memeriksa rombongan yang akan melakukan perjalanan KA. “Karena, kami tidak memperkenankan penundaan tiket, atau dibatalkan setelah terjadi pemesanan, apalagi dialihkan kepada orang lain,” katanya. (ro)