15/01/2023

Jadikan yang Terdepan

XL Selenggarakan Uji Kesiapan Jaringan & Layanan Jelang Ramadhan dan Lebaran

Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan, memaparkan tentang jaringan XL setelah proses transformasi jaringan (12/6).
Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan, memaparkan tentang jaringan XL setelah proses transformasi jaringan (12/6).

Jakarta, KabarGress.Com – PT XL Axiata Tbk (XL), perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia, telah menyiapkan jaringan dan layanan dalam menyambut Ramadan dan Lebaran tahun ini. Aktivitas ini terutama terkait dengan kemungkinan terjadinya lonjakan trafik semua layanan selama Ramadan dan libur panjang Lebaran, seperti yang terjadi secara rutin di tahun-tahun sebelumnya.

Guna memastikan kesiapan jaringan ini, XL mengajakan media massa nasional dan daerah untuk mengikuti secara langsung uji kesiapan jaringan (network rally) dari Jakarta menuju salah satu tujuan utama pemudik Yogyakarta. Pengujian menggunakan moda transportasi kereta, melalui dua jalur, yaitu Jakarta – Cirebon – Purwokerto – Yogyakarta dan jalur Surabaya – Madiun – Yogyakarta. Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, melepas keberangkatan rombongan di Stasiun Gambir, Kamis pagi (12/6).

Hasnul mengatakan, “Ramadan dan Lebaran selalu menjadi momentum bagi XL untuk menunjukkan komitmen kami dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat. Selain menawarkan program khusus yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga jaringan. Kami ingin pelanggan atau masyarakat lancar bersilaturahmi dan beribadah. Kami pastikan semua sumberdaya terkait jaringan, baik para teknisi juga perangkat, akan siaga 24 jam sehari selama bulan suci dan libur Lebaran.”

Hasnul menambahkan, uji kesiapan jaringan dan layanan dilakukan untuk memastikan terjaganya kenyamanan pelanggan dan mengantisipasi potensi lonjakan traffic pelanggan dalam menggunakan layanan seluler baik Percakapan, SMS atau Data/Internet. Rute yang ditempuh melintasi kota besar dan kecil yang bisa menjadi gambaran jangkauan layanan XL di sebagian besar wilayah Indonesia dan juga menjadi pusat distribusi dan tujuan arus mudik selama bulan Ramadhan dan Lebaran.

Selama perjalanan, peserta diajak untuk mencoba berbagai layanan digital yang telah dipersiapkan XL , baik yang berbasis jaringan 2G maupun 3G. XL antara lain mengenalkan dan mengajak peserta mencoba layanan digital entertainment baru Guvera – aplikasi akses ke jutaan lagu, Gudang Aplikasi – akses ke beragam aplikasi menarik, serta Muslimku aplikasi cara belajar agama Islam untuk anak muda dengan lebih seru lewat digital. Layanan ini dapat dinikmati sebagai hiburan dan edukasi bagi para pelanggan saat melakukan perjalanan mudik nantinya. Uji layanan akan dilakukan baik secara bergerak (di atas moda transportasi) maupun tidak bergerak, dan sekaligus menjadi sarana untuk menguji kualitas jaringan dalam mengakses aplikasi yang menggunakan streaming yang membutuhkan kestabilan kualitas jaringan.

”Uji coba layanan-layanan ini tidak lepas dari makin berkembangnya kebutuhan pelanggan, bukan saja terhadap voice dan sms tetapi juga data. Dan yang paling berkembang saat ini adalah produk dari layanan digital.Karena itu kami mempersiapkan sejumlah layanan digital yang bisa dinikmati pelanggan menjelang bulan Ramadhan Puas Penuh Berkah. Dengan transformasi jaringan yang terus kami lakukan secara bertahap di berbagai wilayah, maka di manapun pelanggan XL maupun Axis berada, mereka juga bisa menikmati layanan-layanan tersebut”, imbuh Hasnul.

Sebagai wujud kepedulian XL kepada pelanggan dan menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi, XL menyediakan layanan pelanggan (contact center) 817 yang akan melayani pelanggan selama 24 Jam serta menyediakan layanan pelanggan melalui sosial media yang bisa diakses melalui akun twitter @XLCare

Kesiapan Jaringan dengan Transformasi Jaringan
Agar peserta bisa mengetahui secara detail teknis uji kualitas jaringan di sepanjang perjalanan, XL juga memasang perangkat uji sinyal di kendaraan yang dipergunakan. Peralatan dan metode yang digunakan sesuai dengan standar regulasi. Pengukuran dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal di sepanjang daerah dan jalur yang dilalui. Pengukuran kualitas dilakukan pada layanan 2G dan 3G, mulai dari voice call, video call, SMS (Short Message Service), dan data (internet dan BlackBerry).

Saat ini XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga 510 juta menit/hari. Sementara untuk trafik SMS adalah 700 juta SMS/hari, dan trafik data sebesar 325 Terabytes/hari. Diperkirakan sepanjang Ramadhan dan Lebaran 2014 nanti akan terjadi lonjakan trafik antara 5% hingga 30% dari trafik normal sehari-hari. Jaringan XL juga telah didukung dengan teknologi yang canggih yang antara lain adalah MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL Axiata akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik. Inovasi ini telah diterapkan XL sejak lebih dari 4 tahun terakhir.

Untuk dapat memfasilitasi peningkatan volume trafik serta tuntutan kualitas layanan yang lebih baik, XL terus melakukan peningkatan kualitas jaringan, dan melakukan evaluasi dan pemantauan secara menyeluruh di kota-kota yang kami terapkan program transformasi jaringan, sehingga pengalaman “drop call” pelanggan makin menurun. Dengan melayani lebih dari 68 juta pelanggan, saat ini jaringan XL di seluruh Indonesia diperkuat dengan lebih dari 45.600 ribu BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G) juga jaringan backbone fiber optic yang membentang di sepanjang pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Bali-Lombok, Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi. (ro)