04/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Bakti Sosial Hari Jadi ke 50 Tahun Fakultas Farmasi UKWMS

Surabaya, KabarGress.Com – Dalam rangka memperingati Hari Jadi yang ke-50, Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya bekerja sama dengan Ikatan Apoteker Indonesia, Lions Club Indonesia, VIVA generik, Aqua company, Fakultas Farmasi Universitas Surabaya, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Pengurus Cabang IAI Surabaya, Pengurus Cabang IAI Sidoarjo, Ikatan Keluarga Apoteker Indonesia (IKAFI) Jawa Timur, Fakultas Kedokteran UKWMS, dan Fakultas Keperatawan UKWMS, menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di lingkungan masyarakat Kecamatan Tegalsari dan Kelurahan Keputran Surabaya, yang terdiri dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Kegiatan bakti sosial yang diadakan berupa: (1) pemeriksaan tensi, gula darah acak, kolesterol, dan asam urat (2) pemeriksaan kesehatan oleh dokter (3) layanan pengobatan gratis, (4) konsultasi Keluarga Berencana, bahan tambahan pangan, penyakit diabetes, penyakit hipertensi serta (5) pembagian sembako untuk keluarga miskin (gakin). Masyarakat sasaran dalam kegiatan bakti sosial dan pengobatan gratis ini adalah berasal Gakin dari RW 1 sampai RW 5 kelurahan Keputran Surabaya dengan target 300 KK penerima sembako dan 400 orang penerima layanan kesehatan. Diharapkan kegiatan yang diadakan dapat semakin meningkatkan kepedulian masyarakat khususnya di kecamatan Tegalsari dan kelurahan Keputran Surabaya tentang pentingnya kesehatan.

“Pemahaman masyarakat mengenai peran KB dalam kesejahteraan keluarga sangat perlu ditingkatkan. Selain itu, belum banyak yang paham akan pengaruh bahan tambahan pangan pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam acara ini, akan diajarkan pula manajemen terapi penyakit diabetes mellitus dan hipertensi. Kami ingin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, selain itu juga mencegah komplikasi penyakit yang telah diderita. Semoga dengan acara ini, profesi apoteker juga semakin eksis di masyarakat,” urai Angelica Kresnamurti, M.Farm., Apt. selaku Ketua Panitia. (ro)