KPU Kabupaten/Kota Wujudkan Tiga Sukses Pilpres 2014

Gubernur Soekarwo memberikan ucapan selamat kepada anggota KPU Kabupaten dan Kota se Jatim usai dilantik di Gedung Grahadi.

Gubernur Soekarwo memberikan ucapan selamat kepada anggota KPU Kabupaten dan Kota se Jatim usai dilantik di Gedung Grahadi.

Surabaya, KabarGress.com – Anggota KPU Kabupaten/Kota terpilih untuk periode 2014 – 2019 harus segera melakukan sosialisasi tentang Pilpres 2014 kepada masyarakat, agar terwujud tiga sukses Pilpres yaitu sukses penyelenggaraan, sukses partisipasi politik masyarakat, dan sukses hasil. Selain itu juga harus segera melakukan koordinasi dengan Bawaslu, Pemerintah Daerah, Polri, TNI dan Kajati.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo pada Pertemuan Anggota KPU Kabupaten/Kota dengan KPU, Bawaslu dan Forkopimda Provinsi Jatim, setelah menyaksikan Pelantikan Anggota KPU Kab/Kota periode 2014 – 2019, di Gedung Negara Grahadi, Kamis (12/6/2014).

Lebih lanjut dijelaskan, sukses penyelenggaraan diwujudkan dengan terselenggaranya Pilpres yang aman, tertib dan damai. Sukses partisipasi politik masyarakat ditandai dengan seberapa banyak masyarakat memberikan suara kepada calon presiden dan wakil presiden di TPS (Tempat Pemungutan Suara), sedangkan sukses hasil artinya terpilihnya pejabat politik yang amanah dan kapabel.

Disampaikan pula oleh Gubernur bahwa Pileg (Pemilihan Umum Legislatif) 2014 yang diselenggarakan pada 29 April 2014, hendaknya dapat dijadikan sebagai referensi Pilpres 2014 sekaligus sebagai pembelajaran yang baik. “Pileg 2014 dapat dijadikan sebagai referensi dan pembelajaran bagi anggota KPU Kabupaten/kota untuk penyelenggaraan Pilpres mendatang, karena telah berjalan dengan aman, tertib dan damai. Hal tersebut dapat terselenggara karena dukungan dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah, POLRI, TNI, “ ungkapnya.

Gubernur pada kesempatan itu juga menyakinkan bahwa demokrasi merupakan cara pandang atau sikap hidup dengan membangun ruang publik agar masyarakat dapat berdialog, mengungkapkan aspirasi hingga terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Unggung Cahyono mengatakan bahwa Pileg 2014 dapat terselenggara dengan aman, tertib dan damai berkat sinergitas antara POLRI, TNI Pemerintah Daerah.

Dikatakan, bahwa Pileg dan Pilpres merupakan event besar, sehingga banyak sekali hambatan yang akan timbul. Oleh karena itu POLRI telah mengidentifikasi hambatan dan kendalanya, kemudian dievaluasi selanjutnya dilakukan langkah-langkah kreatif agar tidak terjadi perilaku anarkhis.

Setelah melantik Anggota KPU Kab/Kota peride 2014 – 2019, Ketua KPU Jawa Timur Eko Sasmito, SH, MH mengatakan bahwa Anggota KPU Kabupaten/Kota yang dilantik sebanyak 35 Kabupaten/Kota masing-masing sebanyak 5 orang anggota, karena tiga kabupaten telah dilantik dua bulan yang lalu yaitu Kabupaten Probolinggo, Tulungagung dan Kabupaten Nganjuk.

Diharapkan agar Anggota KPU Kab/Kota yang baru dilantik segera memilih Ketua KPU. “Karena waktu sudah mendesak segera mengadakan koordinasi internal dan eksternal, konsolidasi dengan PPK dan PPS, serta mempelajari peraturan Pemilu yang dapat difasilitasi oleh Sekretaris KPU,” harapnya. (Eri)

Leave a Reply


*