20/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Bangkitkan Minat ke Industri Animasi, iSTTS Gelar Vanimasi

Ronny Gani saat memberikan materi workshop Vanimasi.
Ronny Gani saat memberikan materi workshop Vanimasi.

Surabaya, KabarGress.Com – Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya (iSTTS) menggelar agenda Vanimasi, menghadirkan animator Lukas Film Singapore (pembuat game Avengers juga Pasific Rims), Ronny Gani, sebagai pembicaranya, bertempat di gedung Tower of the Eagles iSTTS, Sabtu (7/6/2014).

Selain acara seminar dan workshop hari ini, Jur DKV iSTTS menggelar lomba pembuatan animasi, Minggu (8/6/2014). Puluhan siswa-siswi SMA dari belasan SMA di Surabaya, tampak serius mendengarkan pemaparan Ronny tentang seluk beluk dan teknik membuat animasi. “Seorang animator adalah artis yang juga berpeluang mendapatkan penghasilan besar,” jelasnya.

Vanimasi sendiri adalah penggabungan dari kata “vine” dan “animasi”, dimana vine merupakan jenis film pendek yang berdurasi beberapa detik. Mengacu pada konsep tersebut, maka dalam lomba animasi ini peserta akan membuat film animasi pendek berdurasi sekitar 10-15 detik.

Pembuatan film animasi ini akan mengacu pada seorang model yang melakukan adegan pantomim. Jadi akan disediakan model 3D yang siap dianimasikan dan peserta hanya akan menganimasikan sesuai adegan yang telah disediakan.

Dalam lomba ini peserta akan mengikuti tiga kegiatan. Pertama adalah seminar yang disampaikan Ronny Gani, kedua; workshop berupa tutorial program 3D animasi blender, dan yang ketiga adalah lomba animasi.

Kegiatan vanimasi ini bertujuan memberikan kick start dan motivasi bagi murid-murid SMA yang tertarik pada industri animasi. Selain itu vanimasi juga mengenalkan DKV iSTTS sebagai satu jurusan perguruan tinggi yang menjadikan animasi sebagai salah satu kekuatannya.

Diperkenalkan juga Action Frame sebagai salah satu unit bisnis iSTTS yang bergerak dalam bidang animasi. (Ro)