15/01/2023

Jadikan yang Terdepan

AMD Kembangkan Sistem Embedded G-Series melalui Solusi SoC dan CPU Baru

— Prosesor Embedded AMD G-Series dipilih oleh HP dan Advantech untuk solusi industri dan thin client —

TAIPEI, Taiwan, KabarGress.Com — AMD (NYSE: AMD) hari ini mengumumkan produk baru SoC (system-on-chip) G-Series Embedded berbasis x86 dan CPU baru untuk aplikasi Embedded, yang meliputi aplikasi yang baru diadopsi oleh HP untuk pengembangan thin client di bidang kesehatan, keuangan, pendidikan, dan perdagangan, dengan performa sebaik aplikasi Advantech yang diterapkan untuk industri.

Rangkaian produk baru ini dapat berkembang dengan performa tinggi dan kemampuan hemat daya dari platform Embedded AMD G-Series, hadirkan performa tinggi dan sistem keamanan terintegrasi dengan dukungan memori ECC (enterprise-class error-correction code), pilihan CPU dual dan quad core, serta sebuah kartu grafis dan I/O controller dalam satu die.

Prosesor G-Series baru ini memiliki dukungan pin yang kompatibel dengan seluruh jajaran prosesor dan SoC AMD G-Series untuk kemudahan skalabilitas terhadap aplikasi Embedded, termasuk infrastruktu komunikasi dan jaringan, industrial control and automation (IC&A), thin client, mesin gaming, serta digital signage.

“Keluarga SoC Embedded AMD G-Series adalah salah satu adopsi platform paling luas dalam sejarah solusi Embedded dari AMD, dan AMD bahkan mampu hadirkan kemampuan dan pengalaman lebih baik, serta dukungan ekosistem dengan rangkaian penawaran terbaru ini,” kata Scott Aylor, corporate vice president and general manager, AMD Embedded Solutions. “Tambahan SoC dan prosesor baru ini menegaskan komitmen kami untuk hadirkan komputasi CPU dan grafis dengan efisiensi daya maksimal bagi para insinyur sistem terpadu, beserta dukungan pin dan keamanan untuk memaksimalkan aplikasi dan investasi yang mereka ciptakan.”

Solusi SoC Embedded AMD G-Series (Dikenal dengan Codename: “Steppe Eagle”)

SoC Embedded AMD G-Series sangat cocok untuk diaplikasikan di ekosistem yang rumit, termasuk aplikasi IC&A yang menawarkan solusi daya ekstra rendah dengan TDP hanya 5 watt yang dapat dikonfigurasi (cTDP), hingga kinerja tinggi dengan kamampuan lebih baik hingga 53% dibandingkan solusi SoC G-Series sebelumnya. Motherboard Mini-ITX kelas industri terbaru dari Advantech, AIMB-225, memuat SoC Embedded dual dan quad core AMD G-Series, hasilkan konsumsi daya ekstra rendah dan performa grafis tinggi untuk jalankan aplikasi rumit seperti ATM, kios, peralatan medis, hingga mesin game.

Prosesor dari keluarga SoC Embedded AMD G-Series kini dilengkapi fitur keamanan yang telah ditingkatkan, dengan AMD platform security processor (PSP) berdasarkan arsitektur ARM TrustZone®, dan dirancang untuk memblokir akses jahat terhadap data melalui hardware, membuatnya sangat cocok untuk solusi thin client berbasis cloud.

“Ada peningkatan jumlah permintaan sistem Embedded yang lebih memadai dalam bidang kesehatan, keuangan, edukasi, dan perdagangan,” kata Jeff Groudan, worldwide director, Thin Client product management, HP. “SoC AMD G-series hadirkan thin client HP dengan keamanan lebih baik, harga terjangkau, dan performa tak tertandingi.”

Solusi CPU Embedded AMD G-Series (Dikenal dengan Codename: “Crowned Eagle”)

Seiring semakin berkembangnya kebutuhan datacenter yang lebih besar dengan adanya cloud dan jenis perangkat yang semakin banyak, maka efisiensi biaya dan energy menjadi aspek yang semakin penting. Perusahaan IT memperkuat kemampuan yang dimilikinya melalui sebuah arsitektur yang mampu menyajikan performa tinggi yang hemat biaya dan daya. Dengan proses 64-bit CPU x86 berbasis dual atau quad core, prosesor baru AMD G-Series sangat cocok untuk infrastruktur aplikasi komunikasi dan jaringan. Prosesor baru AMD G-Series hadir dengan kecepatan 1,2-2,0 GHz dilengkapi fitur bertenaga, seperti PCI-E Gen 2.0, USB3.0, port SATA, dan memori single-channel DDR3-1600 dengan dukungan ECC.

Melalui sebuah chip PSP dengan fungsi Internet Protocol Security (IPsec), yang memfasilitasi fungsi pengawasan control dan data pesawat, berimbas pada biaya yang semakin hemat, perangkat-perangkat keamanan tanpa kipas, which facilitates control and data plane functionality, resulting in cost-optimized, fan-less security appliances, storage controller, dan perangkat Network Attached Storage. Integrasi periferal yang luas, digabungkan dengan kemampuan CPU-centric performance-per-dollar 34% lebih baik dari solusi berbasis Intel, menjadikan CPU AMD G-Series sebagai pilihan ideal untuk aplikasi pengontrol pesawat melalui router dan switch line card.

Fitur, Keuntungan, dan Dukungan Terbaru

• Solusi keamanan terintegrasi: Dengan menyatukan pengalaman pasar selama bertahun-tahun dan semakin luas berbasis arsitektur ARM TrustZone®, AMD ciptakan kemampuan keamanan komputasi generasi baru untuk konten digital, data, e-commerce dan interaksi client-to-cloud. AMD PSP dibuat berdasarkan arsitektur TrustZone® dan dirancang untuk melindungi sistem dari pencurian data melalui hardware berbasis standar terbuka dan API interoperable.

• Peningkatan performance-per-watt: SoC Embedded AMD G-Series hadirkan fitur manajamen daya kompleks, seperti cTDP, tingkatkan efisiensi performance-per-watt hingga 96 persen lebih baik disbanding platform sebelumnya.

• Kompatibilitas pin: Dengan diperkenalkannya SoC dan CPU baru AMD G-Series, pelanggan sistem Embedded AMD kini tetap dapat menggunakan board biasa untuk SoC AMD G-Series untuk memanfaatkan investasi hardware dan software yang dimiliki saat ini.

• Pengembangan open-source Linux: Sebagai anggota eksklusif dari Yocto Project™, sebuah Foundation Collaboration Project berbasis Linux, dan sebagai bagian dari komitmen tahunan bersama Mentor Graphics, para pengembang sistem Embedded kini memiliki akses untuk melakukan kustomisasi dalam pengembangan Linux pada jajaran prosesor AMD G-Series melalui Mentor Embedded Linux and Sourcery™ CodeBench, yang dikenal sebagai Mentor Embedded Linux Lite bebas biaya. (ro)

1. Overall performance was measured using a suite of industry benchmarks consisting of 3DMark06, 3DMark11, POVRay v3.7, Passmark v7, PCMark8 v2.0, and BasemarkCL 1.0. The GX-412HC’s TDP is 7W and GX-210HA’s TDP is 9W. The performance delta of 53% was calculated based on GX-412HC’s geometric mean of 555.3 and GX-210HA’s geometric mean of 363.6. The performance-per-watt delta of 96% was calculated based on GX-412HC’s performance-per-watt ratio of 79.3 and GX-210HA’s performance-per-watt ratio of 40.4. The AMD Steppe Eagle GX-412HC and G-S SOC GX-210HA used an AMD Larne motherboard with 4GB DDR3-1333 memory and 320GB Toshiba HDD. The system ran Windows® 7 Ultimate. EMB-104

2. Performance comparison is based on the EEMBC CoreMark v1.0 benchmark. The kit price of GX-416RA is $25 and the kit price of Celeron 1037U is $25. The performance delta of 34% was calculated based on GX-416RA’s CoreMark score of 24699 and Celeron 1037U’s CoreMark score of 18461. The performance-per-$ delta of 34% was calculated based on the GX-416RA’s performance-per-$ ratio of 987.96 and 1037U’s performance-per-$ ratio of 738.44. The AMD Steppe Eagle GX-416RA used an AMD Larne development board with 4GB DDR3-1600 memory and 80GB Hitachi HDD. The Intel Celeron 1037U used a Toshiba Satellite C55-A5220 motherboard with 8GB DDR3-1600 memory and 256GB Sandisk HDD. Both systems ran Ubuntu Linux 11.1. EMB-105

3. Overall performance was measured using a suite of industry benchmarks consisting of 3DMark06, 3DMark11, POVRay v3.7, Passmark v7, PCMark8 v2.0, and BasemarkCL 1.0. The GX-412HC’s TDP is 7W and GX-210HA’s TDP is 9W. The performance delta of 53% was calculated based on GX-412HC’s geometric mean of 555.3 and GX-210HA’s geometric mean of 363.6. The performance-per-watt delta of 96% was calculated based on GX-412HC’s performance-per-watt ratio of 79.3 and GX-210HA’s performance-per-watt ratio of 40.4. The AMD Steppe Eagle GX-412HC and G-S SOC GX-210HA used an AMD Larne motherboard with 4GB DDR3-1333 memory and 320GB Toshiba HDD. The system ran Windows® 7 Ultimate. EMB-104