22/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Accelerate Your Insights

* Kolaborasi eBiz, Microsoft dan Nintex dalam menjawab tantangan pelaku industri sektor keuangan

Dari kiri - kanan: President Director PT. Ebiz Cipta Solusi, Dedy Effendi Lingga, memberikan sambutan pada jumpa pers bersama dengan mitra kerjanya, antara lain CEO Nintex, John Burton, Nintex Territory Manager-Asia, Andy Gunawan, dan Direktur, Small and Midmarket Solutions & Partners Group Microsoft Indonesia, Peter Lydian. Pada jumpa pers ini ketiga perusahaan memperkenalkan solusi mereka, yaitu Microsoft SharePoint, Microsoft SQL Server dan NINTEX Workflow.
Dari kiri – kanan: President Director PT. Ebiz Cipta Solusi, Dedy Effendi Lingga, memberikan sambutan pada jumpa pers bersama dengan mitra kerjanya, antara lain CEO Nintex, John Burton, Nintex Territory Manager-Asia, Andy Gunawan, dan Direktur, Small and Midmarket Solutions & Partners Group Microsoft Indonesia, Peter Lydian. Pada jumpa pers ini ketiga perusahaan memperkenalkan solusi mereka, yaitu Microsoft SharePoint, Microsoft SQL Server dan NINTEX Workflow.

Jakarta, KabarGress.Com – Akselerasi merupakan salah satu kata kunci bagi pelaku bisnis untuk dapat bersaing di era yang semakin kompetitif. Akselerasi merupakan sebuah tindakan konkrit yang tidak boleh ditunda bagi setiap pelaku industri di sektor keuangan untuk dapat melakukan evaluasi dengan cepat untuk menganalisa pasar, perilaku konsumen, penetrasi produk di pasar, serta kepuasan konsumen. Akselerasi yang menyeluruh dan terintegrasi dengan berbagai unit bisnis akan membantu pelaku bisnis untuk memaksimalkan kinerja perusahaan.

Topik diatas menjadi tema dari seminar yang diselenggarakan oleh PT E-Biz Cipta Solusi, Nintex dan Microsoft Selasa lalu dan dihadiri oleh para pelaku bisnis dari kalangan industri keuangan.

Dedy Effendi Lingga, direktur PT. eBiz Cipta Solusi (eBiz) mengatakan tantangan para pelaku industri di sektor keuangan untuk melakukan akselerasi adalah lingkungan kerja yang tidak kolaboratif dan terintegrasi. Hal ini terungkap dari berbagai pengalaman yang telah didapat eBiz saat memberikan konsultasi dan implementasi sistem TI untuk meningkatkan lingkungan kerja yang kolaboratif, terintegrasi dan dinamis.

Dalam mengembangkan portal korporat yang kolaboratif dan terintegrasi, eBiz menggunakan teknologi Microsoft SharePoint. Untuk mengembangkan bisnis proses yang cepat dan mudah eBiz menggunakan NINTEX Workflow. Sedangkan Microsoft SQL Server untuk menunjang ketersediaan informasi yang cepat dan akurat. “Berbagai keuntungan telah dirasakan oleh pelanggan kami terutama dilihat dari jangka waktu implementasi yang relatif singkat dan biaya implementasi yang sangat kompetitif. Para pelanggan kami juga dapat bekerja lebih effisien, efektif, cepat dan mampu meningkatkan daya saing,” kata Dedy.

Hal senada diungkapkan oleh Peter Lydian selaku Direktur, Small & Midmarket Solutions & Partners Group Microsoft Indonesia. “Microsoft berkomitmen untuk membantu para pelaku industri bertransformasi dan mengakselerasi aktivitas bisnis mereka agar lebih kompetitif dan mampu win the market. Microsoft SharePoint merupakan platform yang memberikan kemampuan kepada tim untuk bekerja secara kolaboratif, terintegrasi, dan mendukung mobilitas yang diusung tren BYOD (Bring Your Own Device),” kata Peter.

IDC menyebutkan bahwa perusahaan yang mampu memanfaatkan data secara maksimal, berpotensi mendapatkan peningkatan pengembalian hingga 60% dari investasi mereka di bidang data. Untuk memanfaatkan data serta mempersiapkan diri menghadapi era intelligence, perlu dikembangkan “budaya data” menggunakan platform data yang menjadikan insight terjangkau oleh semua orang di dalam organisasi.

“Dengan peningkatan kinerja hingga 30 kali lipat, semua orang di dalam organisasi dapat menikmati manfaat data secara optimal dan real-time, karena kecepatan merupakan faktor yang sangat krusial, terutama di industri seperti keuangan dan perbankan,” lanjut Peter.

Lain halnya seperti diungkapkan oleh Andy Gunawan, Nintex Territory Manager-Asia. Tantangan semangat akselerasi yang lain bagi para pelaku industri di sektor keuangan adalah kemampuan beradaptasi terhadap permintaan pasar/konsumen. “Proses bisnis yang berubah secara cepat mengikuti perubahan perilaku pasar, regulasi dan peraturan baru pemerintah menyebabkan pelaku industri sektor keuangan harus cepat tanggap,” kata Andy Gunawan.

Pelaku industri membutuhkan sebuah sistem informasi yang terintegrasi, kolaboratif dan sangat dinamis untuk mendukung cepatnya perubahan alur bisnis. NINTEX Workflow merupakan sebuah produk dari NINTEX yang dapat menjawab kebutuhan di sektor keurangan karena pengguna pada level bisnis dapat dapat membuat dan merubah sebuah proses bisnis/workflow baru dengan mudah.

“Kolaborasi antara Microsoft SharePoint dan NINTEX Workflow mampu menjawab semangat akselerasi bagi para pelaku industri di sektor keuangan dengan dukungan sistem informasi yang terintegrasi, kolaboratif, dan dinamis,” lanjut Andy lagi.

Semangat Akselerasi pada Bank ANZ Indonesia

Bank ANZ Indonesia adalah bank yang memiliki reputasi tinggi di Indonesia dengan fokus pada segmen Corporate, Commercial, Private, dan Consumer Banking. Bank ANZ yang memiliki kurang lebih 28 cabang di lebih dari 11 kota di seluruh Indonesia ini mampu menjawab dan menaklukan segala tantangan untuk menciptakan semangat akselerasi agar dapat bersaing dan memenangkan pasar.

Iskak Hendrawan selaku Head of Technology – ANZ Bank Indonesia mengungkapkan, “Kami memahami betul bahwa bisnis harus sangat dinamis, dan mampu mengikuti pola perilaku pasar. Tantangan pertama adalah mengintegrasikan setiap sistem/aplikasi kedalam sebuah platform yang kolaboratif, terintegrasi dan dinamis pada level operasional bisnis. Mengingat saat ini masih ada beberapa sistem/aplikasi yang berdiri sendiri, hal ini membuat pelayanan di dalam menyediakan informasi kepada nasabah kurang maksimal.

Setelah melewati tahapan analisa kami menunjuk PT eBiz Cipta Solusi sebagai vendor untuk melakukan implementasi Microsoft SharePoint, NINTEX Workflow, dengan menggunakan database Microsoft SQL Server. Solusi yang diberikan oleh eBiz, yaitu kolaborasi antara Microsoft SharePoint, NINTEX Workflow, dan Microsoft SQL Server mampu menciptakan sebuah platform teknologi informasi yang kolaboratif, terintegrasi, dan dinamis guna mendukung semangat akselerasi di Bank ANZ Indonesia. Hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan hampir 30% pada layanan operational di Bank ANZ Indonesia.” (ro)

Tentang Microsoft

Didirikan pada tahun 1975, Microsoft (Nasdaq “MSFT”) adalah pemimpin di dunia peranti lunak, layanan, dan solusi teknologi yang membantu masyarakat dan bisnis mewujudkan potensi mereka.

Tentang PT eBiz Cipta Solusi

PT eBiz Cipta Solusi, sebuah Microsoft Partner untuk Solusi Manajemen Data, adalah perusahaan teknologi informasi terkemuka yang menyediakan solusi menggunakan teknologi Microsoft IT dan terkenal karena keahlian mereka pada Manajemen Performa Bisnis, Manajemen Proses Bisnis, Manajemen Proyek Perusahaan, dan pengembangan aplikasi perusahaan. Pada tahun 2013 PT eBiz Cipta Solusi mendapatkan award dari Microsoft sebagai Microsoft Solution Partner of The Year 2013. Didirikan pada tahun 2001, PT eBiz Cipta Solusi telah memberikan keberhasilan pada berbagai proyek untuk berbagai macam pelanggan termasuk sektor Perbankan, Multi Finansial, Asuransi, Farmasi, dan konstruksi.