05/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul Lepas 3.789 Peserta Napak Tilas Lintas Kab. Bondowoso – Situbondo

Gus Ipul didampingi Bupati Bondowoso melepas para peserta napak tilas.
Gus Ipul didampingi Bupati Bondowoso melepas para peserta napak tilas.

Bondowoso, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf, melepas sekitar 3.789 peserta napak tilas lintas Kab. Bondowoso – Kab. Situbondo di Alun-Alun Kab. Bondowoso, Selasa (3/6/2014).

Napak tilas yang baru diselenggarakan pertama kali tersebut bertujuan untuk menanamkan semangat patriotisme dan meneladani perjuangan KH R. As’Ad Syamsul Arifin dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta memperingati satu abad Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’ah Sukorejo Kab. Situbondo.

Pada kesempatan tersebut, Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim tersebut menuturkan dengan adanya kegiatan napak tilas ini bisa memberikan semangat kepada masyarakat dan mengenang jasa orang yang alim, sholeh dan telah memberikan keteladanan yang baik bagi NKRI yakni KH R. As’Ad Syamsul Arifin. “Beliau merupakan contoh tauladan bagi kita semua dan merupakan kekasih Allah. Mengapa disebut sebagai kekasih Allah karena selain alim dan mau menyebarkan agama, juga mau mengambil peran dalam perjuangan merebut kemerdekaan NKRI,” ujarnya.

Ia mengatakan, Indonesia bisa berdiri tegak seperti ini salah satunya berkat jasa dari KH R. As’Ad Syamsul Arifin dan para kyai, ulama dan pemuka agama. Karena para pemuka agama tersebut selalu menempatkan shalawat sebagai syarat utama dalam perjuangan. Selain shalawat juga tahlil, maaqib dan shalawat nariyah juga dijunjung tinggi para kyai dan pemuka agama tersebut. “Tanpa shalawat, Indonesia tidak akan bisa sebesar saat ini. Masyarakat harus bersyukur para kyai selalu menanamkan kepada santrinya shalawat di setiap keseharian,” tambahnya.

Dengan diadakan acara seperti ini, Gus Ipul berharap bisa mempererat persaudaraan antar umat beragama dan juga meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme di kalangan masyarakat. ”Ke depan saya mendukung diadakan napak tilas seperti ini lagi,” tambahnya.

Para peserta napak tilas berasal dari beberapa daerah diantaranya Kab. Situbondo, Kab. Bondowoso, Kab. Jember, Kab. Banyuwangi, Kab. Lumajang, dan Kab. Probolinggo dan Surabaya, juga dari pulau lain seperti Sumatera, Kalimantan, NTT, NTB dan negara Malaysia.

Napak tilas ini menempuh jarak sepanjang 100 km yang ditempuh selama tiga hari dua malam yang dimulai dari Alun-Alun Kab. Bondowoso – Desa Kerang – Dusun Poloagung bermalam – Desa Lanas Kec. Probolinggo – Desa Jeding Kec.Cerme – Desa Mojosari dan finish di fnish di PP. Salafiyah Syafi’ah Sukorejo Kab. Situbondo. (Eri)