04/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Gus Amig Bertekad Berikan Terbaik untuk Kabupaten Sidoarjo

Gus Amig
Gus Amig

Sidoarjo, KabarGress.com – Bekerja itu bagi sosok ini dipahami sebagai hiburan. Karena filosofinya bekerja adalah hiburan, maka pasti pekerjaan dilaksanakan dengan sukacita. Begitu kalimat pertama yang keluar dari Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Sidoarjo, M. Bahrul Amig, ketika diskusi kecil dengan kawan–kawan media, di kantornya, Selasa (3/6/2014).

Meski kalimat itu diungkapkan secara datar, namun mengandung subtansi yang cukup mendasar. Hidup adalah berkarya. Bekerja keras untuk dan demi kemaslahatan bersama.

Faktanya, dimanapun Gus Amig, demikian Kadis DKP, biasa disapa, bertugas senantiasa berupaya memberikan yang terbaik. Berderet prestasi, hasil pengabdian tak kenal henti berhasil diraih Kabupaten Sidoarjo. Prestasi yang berhasil dibukukan dan menjadi kebanggaan warga kota Delta, Kabupaten Sidoarjo telah tiga kali meraih piala Adipura. Piala tentu bukan satu–satunya tujuan, tetapi merupakan salah satu penyemangat untuk bekerja lebih giat lagi.

Boleh jadi karena ketulusannya dalam mengabdi itu Gus Amig, dipasrahi Bupati Saiful Ilah, menjadi Kepala DKP. Kendati menjadi orang nomor satu di DKP sebelumnya tidak pernah diangankan. Bupati Saiful Ilah, pasti menugasi Gus Amig ini, untuk membuat Kabupaten Sidoarjo, berseri, hijau dan asri. Karena kepercayaan adalah sebuah amanah, maka amanah Bupati yang merupakan representasi amanah warga Sidoarjo, dijawab dengan kerja, kerja dan kerja. Hasilnya, membuat warga Sidoarjo, berdecak bangga.

Bisa dilihat bersama. Jalan–jalan dari mulai Waru sampai Porong, Kota Sidoarjo ke arah Krian selalu terlihat bersih. Kanan kiri jalan, hijau oleh rindangnya pepohonan. Di tengah pembatas jalur jalan begitu indah berhias aneka jenis pohon dan tanaman bebungaan. Puluhan taman dengan warna–warni tanaman bunga, diantaranya dilengkapi air mancur dan monumen Udang, daerah kabupaten Sidoarjo dari waktu ke waktu makin menyehatkan tatkala mata memandang.

Penataan taman kota yang cukup apik, ditunjang estetika, Kabupaten Sidoarjo sejajar dengan Kota maupun Kabupaten lain. Kebersihan kota atau daerahnya terjaga, keindahan taman–tamannya terawat, didukung semakin masifnya ruang terbuka hijau, dimiliki Kabupaten Sidoarjo, juga dapat memberikan dampak positif dalam menangkal akibat buruk ditimbulkan oleh perubahan iklim (Climet Change). Pengelolaan sampah yang volumenya terus bertambah seiring bertambahnya kawasan permukiman penduduk, juga telah diantisipasinya.

Antisipasi supaya tidak terjadi penumpukan sampah eks rumah tangga (domestik), beberapa tempat penampungan sampah sementara (TPS) dibangun untuk beberapa titik atau lokasi. Yang saat ini dalam proses direvitalisasi, ialah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di daerah Jabon. Untuk menjaga Kabupaten Sidoarjo tetap bersih dan asri, petugas kebersihan di bawah komando Gus Amig, selalu siap menjalankan tugas–tugasnya.

“Kita tidak tahu apa yang bakal terjadi besuk. Maka, tugas dan pekerjaan hari ini harus dapat kita laksanakan sebaik–baiknya,” tuturnya. (Eri)