AQUA Danone Nations Cup 2014: Membela Indonesia di Brazil Bukan Sekedar Mimpi

Pendaftaran AQUADNC serentak dibuka hari ini dengan menjangkau lebih banyak anak untuk wujudkan mimpi di 32 provinsi di Indonesia

POSTER AQUADNC 2014Jakarta, KabarGress.Com – Melalui AQUA Danone Nations Cup (AQUADNC), Indonesia akan mengirim tim terbaiknya mewujudkan mimpi menjadi pembela merah putih di final dunia yang akan diselenggarakan di negara tempat piala dunia 2014, Brazil, pada bulan Oktober mendatang. Pendaftaran festival sepakbola anak-anak usia 10-12 tahun terbesar di dunia tersebut, hari ini diadakan secara serentak di 32 provinsi di seluruh Indonesia.

Brand Director Danone AQUA, Febby Intan menjelaskan, “AQUADNC sudah menginjak tahun ke-12 dalam penyelenggaraannya di Indonesia. Hal ini menunjukkan komitmen nyata Danone AQUA untuk terus mewujudkan mimpi anak Indonesia yang memiliki minat tinggi terhadap olahraga sepakbola. Tahun 2014 merupakan tahun sepakbola dimana mata dunia akan tertuju ke Brazil sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014. Sebagai turnamen sepakbola anak-anak yang telah diakui oleh FIFA, Indonesia melalui AQUADNC juga akan mengirimkan tim Garuda Muda terbaiknya ke Brazil. Diharapkan anak-anak Indonesia dapat membawa nama Indonesia sekaligus mewujudkan mimpi berlaga di ajang internasional. Untuk itu, kami membuka kesempatan seluas-luasnya kepada anak-anak Indonesia untuk bergabung dan berkompetisi dalam AQUADNC.”

Kesempatan ini akan terbuka bagi Sekolah Sepakbola (SSB) maupun Sekolah Dasar (SD) dari 32 provinsi di Indonesia. Babak final dari pertandingan kualifikasi lokal ini akan berlangsung di 13 kota mulai Januari hingga April 2014.

Berikut adalah jadwal penyelengaraan final kualifikasi lokal di Indonesia:

 

No Regional Kota Tanggal Stadion
1 Sulawesi Selatan Makassar 18 – 19 Januari 2014 Stadion Andi Mattalatta
2 Sumatera Barat Padang 18 – 19 Januari 2014 Stadion H. Agus Salim
3 Kalimantan Selatan Banjarmasin 25 – 26 Januari 2014 Stadion 17 Mei
4 Sulawesi Utara Manado 1 – 2 Februari 2014 Stadion Klabat
5 Sumatera Utara Medan 15 – 16 Februari 2014 Stadion Teladan
6 Jawa Barat Bandung 22 – 23 Februari 2014 Stadion Siliwangi
7 Aceh Banda Aceh 22 – 23 Februari 2014 Stadion Lampineung
8 Papua Jayapura 28 Februari – 1 Maret 2014 Stadion Mandala
9 Bali Denpasar 8 – 9 Maret 2014 Stadion Kompyang Sudjana
10 Jawa Tengah Semarang 8 – 9 Maret 2014 Stadion Jatidiri
11 Jawa Timur Malang 19 – 20 April 2014 Stadion Gajayana
12 Kalimantan Timur Samarinda 26 – 27 April 2014 Stadion Sempaja
13 DKI Jakarta Jakarta 26 – 27 April 2014 Stadion Simprug

 

“Kami ingin lebih banyak anak Indonesia memperoleh kesempatan mewujudkan mimpi mereka untuk bertanding dengan peserta dari berbagai negara di Brazil. Oleh karena itulah AQUADNC memperluas wilayah kualifikasi lokal hingga hampir semua provinsi. Selain datang ke tempat-tempat pendaftaran yang telah ditentukan, calon tim peserta dapat mengunduh formulir pendaftaran secara online dengan mengunjungi website aquadnc.com. Semua itu dilakukan untuk mempermudah calon peserta dalam berpartisipasi di festival sepakbola anak-anak terbesar ini,” Febby menambahkan.

Masing-masing pemenang dari babak kualifikasi lokal akan bertanding di final nasional AQUADNC pada bulan Juni 2014, untuk menentukan siapa yang berhak mewakili Indonesia di Brazil dan sekaligus akan mendapat pelatihan langsung dari mantan pelatih Timnas senior  asal Brazil, Jacksen F. Tiago.

“Sudah lama saya mengamati perkembangan pemain-pemain muda di Indonesia. Saya pikir pembinaan pesepakbola di usia dini merupakan faktor yang signifikan dalam regenerasi pemain dan kesinambungan prestasi. Turnamen AQUADNC ini sangat bermanfaat untuk menggali potensi anak-anak Indonesia dalam sepakbola. Banyak dari mereka yang saat ini menjadi tulang punggung di klubnya dan juga timnas Indonesia baik senior maupun di tingkat junior,” kata Jacksen.

Mantan pelatih Persipura itu pun menambahkan, “Sepanjang karir saya menjadi pelatih di Indonesia, saya bangga dapat mengantarkan tim Indonesia nanti untuk berlaga di negara kelahiran saya, yaitu Brazil, yang kental sekali dengan budaya sepakbolanya.”

Pada tahun 2013, tercatat 5.766 tim atau lebih dari 63.000 anak yang mendaftarkan diri untuk AQUADNC 2013. Pada pelaksanaan tahun 2014, Danone AQUA menargetkan kenaikan peserta lebih dari 50% dari tahun sebelumnya.

Selain sebagai ajang sepakbola anak terbesar yang mengusung sportifitas, AQUADNC 2014 juga dijadikan sebagai wadah anak-anak untuk memupuk nilai-nilai keterbukaan, kebersamaan dan kegembiraan. Beberapa prestasi pernah ditorehkan oleh tim AQUADNC Indonesia di ajang final dunia, antara lain pada tahun 2013 di London, Inggris, tim Indonesia berhasil menduduki peringkat 8 dari 32 negara yang berpartisipasi dalam ajang sepakbola anak-anak terbesar ini. (ro)