Fileski Gebrak Pembukaan Audisi Pembaca Puisi Komunitas Susastra Nusantara

Fileski Gebrak Pembukaan Audisi Pembaca Puisi Komunitas Susastra NusantaraSurabaya, KabarGress.Com – Fileski sukses menggebrak audisi pembaca puisi Komunitas Susastra Nusantara 2013 yang digelar dalam rangka Launching Buku Perdana Komunitas Susastra Nusantara (KSN), Cerita Kita Di Kota Kata (CKdKK). Audisi berlangsung pada pukul 14.00 bertempat di Teras Bidadari, Jl Trunojoyo No 63 Surabaya.

Fileski membuka pertunjukan dengan satu komposisi instrumental biola yang bertajuk Bidadari Melayang. “Komposisi ini untuk merespon suasana ruang dan waktu atas peristiwa besar yang terjadi di ruang sederhana yang kami sebut teras bidadari, harapan saya komposisi musik ini bisa membuat melayang imaji kita yang hadir disini, juga untuk mendorong semangat peserta audisi untuk membacakan puisi dengan penuh penjiwaan,” kata Fileski.

Fileski Gebrak Pembukaan Audisi Pembaca Puisi Komunitas Susastra Nusantara 2Audisi juga dimeriahkan dengan penampilan para senior KSN, seperti Wina Bojonegoro, Ananto Sidohutomo, dan Titie Surya yang juga sempat berkolaborasi dengan Fileski. “Melihat penampilan para peserta audisi saya menemukan banyak keunikan dan ciri khas yang kental ketika membacakan puisi, jujur saya terkesima, kagum dengan potensi arek-arek Suroboyo ketika membacakan puisi, ada juga peserta yang membacakan Gurindam yang merupakan satu bentuk puisi lama yang terdiri dari dua bait, baris pertama berisikan semacam soal, masalah atau perjanjian dan baris kedua berisikan jawaban nya atau akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama. Saya miris karena generasi muda saat ini sudah tidak menganal lagi karya sastra jenis ini,” kata Fileski.

Pada menit terakhir dibacakan pemenang audisi oleh Gita Pratama sebagai juri tunggal. akhirnya terpilih 5 orang yang berhasil lolos untuk tampil baca puisi pada Launching buku CKdKK:
1. Alim Ananto
2. Retno Fitriyanti
3. DIena Rhiendoe Ibunda
4. Alveng Subrata
5. Dzulfikar Adi Putra

Audisi pembaca puisi ini merupakan program yang digelar oleh Komunitas Susastra Nusantara untuk memeriahkan Launching buku pertama yang dijadwalkan pada tanggal 15 November 2013. Selain penampilan 5 pembaca puisi ini, pada saat launching juga dimeriahkan dengan sajian musikalisasi puisi, teatrikal, dan tentunya penampilan kelompok musik Paperland yang digawangi Fileski, yang telah membuat single bertajuk “Langkah Pertama” sebagai soundtrack buku CKdKK. Langkah Pertama yang bermakna sebuah lagu penyemangat untuk tidak takut salah dalam memulai goresan tinta pertama saat menulis karya sastra, semoga lagu ini bisa membakar semangat para penulis muda di seluruh nusantara. (ist)