KPUD: Pemilu 2014 Jumlah Dapil Surabaya Bertambah

Surabaya, KabarGress.Com – Jika pada pemilu 2009 jumlah daerah pemilihan (dapil) di Surabaya hanya ada 5, pada pemilu 2014 mendatang jumlahnya akan terjadi pemekaran menjadi 7 dapil. Penambahan dapil ini dilakukan karena jumlah penduduk Surabaya makin banyak. Kalau pada 2009 jumlah penduduk yang memiliki hak memilih sebesar 1,7 juta maka kini bertambah menjadi 2,2 juta jiwa.

Dengan jumlah pemilih yang membengkak ini maka otomatis dapilnya juga akan berubah. Demikian dikatakan anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggara, Edward Dewaruci. “Karena jumlah pemilih bertambah maka dapil juga akan bertambah dari 5 menjadi 7,” katanya, Minggu (20/1/2013).

Hanya saja, penambahan dapil ini baru sebatas wacana yang akan diputuskan di internal KPUD Surabaya. Tapi yang jelas memang ada penambahan dapil pada 2014 mendatang. “Kepastiannya masih akan dikaji di internal KPUD sesuai dengan UU yang berlaku,” ujarnya.

Memang tidak hanya jumlah pemilih di Surabaya yang makin banyak. Pada pemilu 2014 mendatang juga ada perubahan jumlah parpol peserta pemilu. Karena hanya diikuti 10 parpol saja.

Konsekuensinya, hal ini juga akan menjadi pekerjaan tambahan buat KPUD Surabaya. Karenanya sosialisasi kepada calon pemilih harus dilakukan secara intens untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. (ro)